klikdokter.com
Rabu, 01 Oktober 2014
<

Siklus haid 40 hari

dok, lama menstruasi saya sekitar 3 hari tetapi setiap sekitar 40 hari bulan berikutnya baru saya menstruasi kembali.. apakah ada masalah dok ? apakah ini menghambat kehamilan ?( perempuan, 22 thn,159 cm,54 Kg)



Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Kondisi Anda saat ini disebut dengan oligomenorea yaitu siklus menstruasi lebih dari 35 hari. Siklus haid melebihi 35 hari disebut oligomenorea yang umumnya terjadi akibat gangguan keseimbangan hormonal.  Siklus menstruasi normal berlangsung selama 21-35 hari, 2-8 hari adalah waktu keluarnya darah haid yang berkisar 20-60 ml per hari.

Terdapat beberapa hal yang dapat menyebabkan keadaan ini, antara lain adalah pada 3-5 tahun pertama setelah haid pertama, pasien dengan gangguan makan (seperti anorexia nervosa, bulimia), obesitas, stres psikologis, PCOS (kista ovarium), aktivitas berlebih seperti atlit, gangguan indung telur, kekurangan vitamin K, penggunaan obat-obatan tertentu, kelainan pembekuan darah, gangguan hormon tiroid, dsb.

Oligomenore pada wanita muda paling banyak disebabkan karena ketidak seimbangan hormonal. Terkadang dapat menyebabkan gangguan kesuburan. Apabila Anda memang sedang melakukan program kehamilan maka kami sarankan untuk berkonsultasi langsung dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk evaluasi lebih lanjut.

 

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat. (TRH)

Salam,

Redaksi Klikdokter.



 
Artikel Terkait
Artikel Terkait

JOIN MILIS

Masukkan e-mail untuk mendapatkan informasi terbaru dari klikdokter

Konsil Kedokteran Indonesia Departemen Kesehatan ILUNI FKGUI ILUNI FKUI Ikatan Dokter Indonesia Fiaksi Indonesia
Must Read close
Daerah selangkangan hitam
Mioma dan rencana kehamilan
Perhitungan masa subur