klikdokter.com
Sabtu, 02 Agustus 2014

Gigi bengkak setelah ditambal

soree dok ...., 5 hari yg lalu gigi geraham saya hbs ditambal. tp siangnya lgsg trasa sakit kl diantukkan dggeraham atasnya, yg smakin bertambah terasa sakit pada malam harinya. besoknya saya kembali k DRGnya, dan diberi Amoxcillin 500 & asam mefenamat. sorenya gusi bengkak. kedua obat penyerta saya rutin minum. dan esoknya bengkak itu jd kempes stelah nanah dan darahnya keluar. hbs itu rasanya jd lebih enteng. saya teruskan minum sampai hbs antibiotiknya. tp knapa ya dok setelah selang 1 hari saya tdk minumin antibiotik itu (krn sdh hbs), siang ini gigi tambalan saya mulai terasa sakit lagi jk terkena geraham atas ???? sama spt awal ditambal 5 hr yg lalu. apakah tambalan saya perlu dibongkar saja jk besok sakitnya tambah parah ? apakah perlu saya bawa k DRG lain saja ? bgmn jk saya diberi antibiotik lg (mengingat saya sedang hamil, dan diperkirakan akan melahirkan tgl 24 september, 1 bulan lg), perlukah dibongkar dan menjalani perawatan gigi dr awal lg tp di DRG lain???( perempuan, 31 thn,165 cm,64 Kg)



Ibu yang terhormat,

Terima kasih atas pertanyaan Anda. Berdasarkan keterangan Anda, Saya menduga karies Anda sebetulnya sudah sangat dalam dan mencapai rongga pulpa yang berisi syaraf dan pembuluh darah, sebab Anda menyinggung gusi yang bengkak setelah ditambal dan akhirnya keluar nanah. Berarti sudah terjadi abses pada gigi tersebut, mungkin sebelumnya sudah terjadi abses di ujung akar gigi. Bila memang betul demikian, sebetulnya gigi tersebut tidak dapat ditambal biasa namun harus terlebih dulu dirawat saluran akar (perawatan syaraf). Memang perawatan tersebut membutuhkan lebih dari satu kali kunjungan, dan ada kemungkinan memerlukan rontgen gigi yang sebaiknya dihindari mengingat Anda sedang hamil dan tidak dianjurkan untuk pemeriksaan radiografi.

Saya sarankan Anda untuk berkonsultasi ke dokter gigi lain, lebih baik lagi ke dokter gigi spesialis konservasi gigi (drg. Sp.KG) sehingga dapat dibuat solusi yang tepat untuk kasus Anda. Besar kemungkinan tambalan tersebut memang harus dibongkar untuk akses instrumen yang digunakan untuk perawatan saluran akar. Pembersihan saluran akar gigi dengan perawatan tersebut akan mensterilkan saluran akar dari bakteri dan jaringan gigi mati, sehingga menyembuhkan abses dan sakit gigi Anda.

Demikian informasi yang dapat Saya sampaikan, semoga dapat membantu Anda.

Salam,

Drg. Martha Mozartha

Pengasuh Rubrik Kesehatan Gigi dan Mulut Klikdokter.com



 
Artikel Terkait
Artikel Terkait

JOIN MILIS

Masukkan e-mail untuk mendapatkan informasi terbaru dari klikdokter

Konsil Kedokteran Indonesia Departemen Kesehatan ILUNI FKGUI ILUNI FKUI Ikatan Dokter Indonesia Fiaksi Indonesia
Must Read close
Interpretasi Foto Sinar X
Diameter biparietal normal?
Makan pedas saat hamil?