klikdokter.com
Minggu, 21 September 2014
<

Pemphigus vulgaris

Yth. Tim dokter, saya mempunyai pertanyaan tentang penyakit pemphigus vulgaris (ayah menderita penyakit tersebut). Menurut beberapa referensi yang saya baca, penyakit tersebut adalah penyakit langka. Pertanyaan saya adalah: 1. Apakah penyakit itu dapat disembuhkan? 2. Apakah diturunkan secara genetik? 3. Adakah referensi dokter spesialis yang menangani penyakit tersebut di Jakarta atau di jawa tengah? (ayah domisili di jawa tengah) Terima kasih atas jawabannya. Salam, Melissa( laki-laki, 58 thn,173 cm,75 Kg)



Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Pemphigus vulgaris merupakan salah satu penyakit autoimun dimana penyakit ini menyebabkan kulit dan membran mukosa menjadi melepuh. Pada penyakit autoimun, autoantibodi, yang seharusnya menyerang penyakit dari luar, menyerang desmoglein atau pertemuan antara sel kulit epidermis. Hal ini menyebabkan sel kulit menjadi 'terpisah' dan menyebabkan proses pelepuhan.

Kami akan mencoba menjawab beberapa pertanyaan yang Anda ajukan.

1. Apakah diturunkan secara genetik?

Penyebab penyakit pemphigus masih belum diketahui. Namun terdapat beberapa faktor risiko yang telah teridentifikasi dapat mencetuskan pemphigus, diantaranya adalah :

  • Faktor genetik (keturunan) dimana molekul MHC kelas II yang beralel dengan antigen leukosit manusia DR4 dan DRw6 umum ditemukan pada mereka yang memiliki pemphigus
  • Usia. Puncak kejadian pemphigus umumnya terjadi antara usia 50-60 tahun. Dapat terjadi pada anak-anak dan manula namun insiden kejadian lebih jarang
  • Berkaitan dengan penyakit autoimun yang lain, seperti miasthenia gravis dan timoma


2. Apakah penyakit itu dapat disembuhkan?

Pemphigus vulgaris harus diterapi, kalau tidak ditangani maka pemphigus dapat berakibat fatal atau mengakibatkan kematian. Tujuan dari terapi adalah mengurangi reaksi peradangan dalam tubuh, mengurangi produksi autoantibodi, mengurangi terjadinya pelepuhan pada kulit dan mukosa, serta memproduksi fase 'remisi' atau fase 'penyembuhan' dalam jangka panjang.

Karena penyakit ini merupakan penyakit autoimun atau penyakit akibat gangguan kekebalan tubuh sendiri, maka jenis penyakit ini tidak dapat disembuhkan namun dapat dikontrol dengan beberapa terapi


3. Adakah referensi dokter spesialis yang menangani penyakit tersebut di Jakarta atau di jawa tengah?

Untuk mencari referensi dokter spesialis kulit, Anda dapat menggunakan fitur Pencarian Dokter yang terdapat dihalaman depan website kami.Untuk menggunakan fitur pencarian tersebut, silahkan akses Menu 'Pencarian' pada Menu Bar website Klikdokter.com, kemudian pilih 'Cari Dokter'. Anda akan diminta memilih spesialisasi dari dokter yang Anda cari. Masukkan domisili dokter spesialis yang Anda inginkan, kemudian masukkan nama dokter yang Anda cari (jika Anda memiliki referensi pribadi). Tekan tombol 'Cari'.

Atau Anda dapat mengaksesnya dengan meng-copy URL link:
http://www.klikdokter.com/doctor/specialization/search

Demikian penjelasan kami, semoga bermanfaat. (TRH)

Salam,

Redaksi Klikdokter.

 


 
Artikel Terkait
Artikel Terkait

JOIN MILIS

Masukkan e-mail untuk mendapatkan informasi terbaru dari klikdokter

Konsil Kedokteran Indonesia Departemen Kesehatan ILUNI FKGUI ILUNI FKUI Ikatan Dokter Indonesia Fiaksi Indonesia
Must Read close
Keputihan setelah menstruasi
Pengobatan asma dalam kehamilan
Mengatasi morning sickness