klikdokter.com
Selasa, 16 September 2014
<

Hamil anggur

Sore dok, mau tanya, apa yah penyebab hamil anggur itu? dan langkah2 apa saja yg harus dilakukan agar tidak terjadi hamil anggur? Terima kasih dok.(perempuan, 28 thn,150 cm,48 Kg)



Ibu/Saudari yang terhormat,

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi dari klikdokter.

Hamil anggur dalam bahas medis disebut mola hidatidosa, yaitu kelainan dalam kehamilan di mana jaringan plasenta (ari-ari) berkembang dan terus membelah dalam jumlah yang berlebihan. Kehamilan mola dapat disertai janin (mola parsial) atau tidak disertai janin (mola komplit).

Sejauh ini penyebabnya masih belum diketahui. Diperkirakan bahwa faktor-faktor seperti gangguan pada telur, kekurangan gizi pada ibu hamil, dan kelainan rahim berhubungan dengan peningkatan angka kejadian mola. Selain itu, konsumsi makanan rendah protein, asam folat, dan karoten juga dapat meningkatkan risiko terjadinya mola, sama halnya dengan perempuan yang hamil pada usia di bawah 20 tahun atau di atas 40 tahun.

Dengan belum diketahuinya penyebab pasti kehamilan mola, pencegahannya masih sulit untuk dilakukan. Bagaimanapun, nutrisi ibu yang baik dapat menurunkan risiko terjadinya mola.

Lebih lanjut mengenai kehamilan mola dapat Anda baca dengan mengakses URL Link berikut:

Mola Hidatidosa

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat. (SO)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter



 
Artikel Terkait
Artikel Terkait

JOIN MILIS

Masukkan e-mail untuk mendapatkan informasi terbaru dari klikdokter

Konsil Kedokteran Indonesia Departemen Kesehatan ILUNI FKGUI ILUNI FKUI Ikatan Dokter Indonesia Fiaksi Indonesia
Must Read close
Anak sering terbangun tengah malam
Hipokalemia
Dihantui masa lalu