klikdokter.com
Selasa, 02 September 2014
<

Hipokalemia

untuk penyakit hipokalemia, dimana rumah sakit atau dokter yang bisa menangani penyakit tersebut?semacam terapi dan obat/vitamin yang aman dapat dikonsumsi apa? (perempuan, 30 thn,156 cm,50 Kg)



Ibu/Saudari yang terhormat,

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi dari klikdokter.

Hipokalemia merupakan istilah medis yang digunakan untuk menggambarkan kondisi rendahnya konsentrasi kalium dalam darah. Normalnya kadar kalium dalam darah adalah 3,5-5,0 mEq/liter. Asupan kalium seharinya dapat mencapai 70-100 mEq (270-390 mg/dl) dan kelebihannya akan dibuang oleh ginjal bersama urin. Pada kondisi tertentu, tubuh dapat mengeluarkan kalium secara berlebihan baik melalui saluran kemih (kelainan ginjal, leukemia), saluran pencernaan (diare, muntah, penggunaan pencahar, dsb), hingga efek samping pengobatan (diuretik, steroid, dsb) menyebabkan penurunan kadar kalium dalam darah yang disebut hipokalemia. Adapun kurangnya asupan kalium saja jarang menyebabkan timbulnya kondisi hipokalemia ini.  

Bergantung pada derajat penurunan kaliumnya, gejala hipokalemia sangat bervariasi mulai dari tanpa gejala sama sekali hingga dapat memengaruhi fungsi sistem kardiovaskular (jantung dan pembuluh) dan sistem neuromuskular. Pasien dengan hipokalemia ringan hingga sedang (kadar kalium darah 2,5-3,5 mEq/liter) tanpa keluhan bermakna cukup diterapi dengan suplemen kalium per oral, namun apabila terdapat sedikit saja gangguan pada fungsi jantung terutama untuk hipokalemia derajat berat (kadar kalium darah < 2,5 mEq/liter)  perlu diberikan kalium intravena dan tatalaksana secara intensif di pusat pelayanan kesehatan yang memadai. Anda dapat mendatangi setiap rumah sakit besar terutama yang memiliki fasilitas ICU atau ICCU untuk tatalaksana optimal manakala terjadi perburukan pada kondisi pasien.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat. (SO)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter



 
Artikel Terkait
Artikel Terkait

JOIN MILIS

Masukkan e-mail untuk mendapatkan informasi terbaru dari klikdokter

Konsil Kedokteran Indonesia Departemen Kesehatan ILUNI FKGUI ILUNI FKUI Ikatan Dokter Indonesia Fiaksi Indonesia
Must Read close
Dihantui masa lalu
Kista pada kehamilan
Usia ibu pengaruhi kehamilan?