klikdokter.com
Jumat, 25 April 2014
Login | Register

Kapan periksa Test Pack?

Pagi dok, saya mau tanya waktu yang tepat menggunakan test pack kehamilan? Apakah bisa dideteksi setelah 1mgg berhubungan?? Ninggu ke 3 setelah menstruasi?? Karena saya melakukan hubungan saat masa subur dan sekarang ( minggu ke 3 ) saya merasa payudara saya sakit, merasa lelah. Apakah bisa dideteksi hormon Hcg sebelum keterlambatan menstruasi?? Dan apabila saya memang positif hamil, mungkinkah muncul tanda negatif bila dideteksi sekarang? Terima Kasih, dok...( perempuan, 22 thn,168 cm,52 Kg)



Ibu/Saudari yang terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Pemeriksaan kehamilan menggunakan test pack dapat menunjukkan hasil positif apabila telah mendeteksi hormon B-hCG dalam jumlah tertentu dalam urin. Hormon ini dapat ditemukan 8 hari setelah pembuahan pada 5% perempuan. Semakin besar usia kehamilan, kadar B-hCG yang dihasilkan semakin meningkat, sehingga kemungkinan didapatkannya hasil positif semakin besar.

Bagaimanapun, test pack juga dapat menunjukkan hasil negatif palsu akibat kesalahan teknik pemeriksaan, terlalu lama mencelupkan strip, atau apabila kadar hormon B-hCG dalam urin belum mencukupi. Keterlambatan menstruasi merupakan salah satu tanda pertama adanya kehamilan. Oleh sebab itu kami sarankan sebaiknya Ibu melakukan pemeriksaan test pack setelah ada keterlambatan lebih dari 1 minggu (sesuai siklus menstruasi).

Masih ada kemungkinan muncul hasil yang negatif akibat masih rendahnya kadar hormon yang ada. Dalam keadaan tersebut, ulang pemeriksaan 1 - 2 minggu kemudian, atau langsung melakukan pemeriksaan kadar hormon B-hCG dalam darah untuk hasil yang lebih akurat, jika memang masih belum menstruasi.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu. (PNA)

Terima kasih.

 

(Redaksi Klikdokter)



 



JOIN MILIS

Masukkan e-mail untuk mendapatkan informasi terbaru dari klikdokter