klikdokter.com
Selasa, 02 September 2014
<

Nyeri haid mengganggu kesuburan?

selamat malam dok.. saya mau tanya nih, kenapa ya kalau saya menstruasi terasa sakiitt sekali.. memang ada yang blg kalo itu normal2 saja, tapi ada juga yg blg kalau menstruasi skt, bs bermasalah ketika hamil nanti. misalnya sulit melahirkan atau bs jg sulit hamil. sedangkan saya juga sempat meminum obat-obatan untuk haid yg terbuat dr bahan alami seperti, kiranti (baru 1x minum) dan femona. tapi rasa sakit nya sama sekali tidak berkurang. saya tidak berani minum obat penahan rasa sakit seperti feminax,krn itu bkn dr bahan2 alami dan bnyk yg blg obat feminax bs membuat rahim menjadi kering, sehingga menimbulkan penyakit rahim. yang mau saya tanyakan, sebenarnya rasa skt yg amat sangat ketika menstruasi itu berdampak buruk di masa depan saya nanti atau tidak sih dok??? lalu apa yg harus saya lakukan untuk mengurangi rasa skt nya? terimakasih ya dok..( perempuan, 19 thn,158 cm,41 Kg)



Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Nyeri perut bagian bawah merupakan keluhan yang sering ditemukan pada perempuan saat menstruasi. Nyeri tersebut timbul akibat kontraksi otot rahim untuk mengeluarkan dinding rahim yang luruh apabila tidak terjadi pembuahan. Hormon prostaglandin yang dihasilkan oleh otot-otot dinding rahim menstimulasi otot rahim untuk berkontraksi, menyebabkan suplai darah ke rahim terhenti untuk beberapa saat dan sensitivitas ujung-ujung saraf nyeri meningkat menimbulkan nyeri. Hormon prostaglandin juga bertanggung jawab terhadap gejala muntah, diare, dan sakit kepala yang menyertai keluhan nyeri menstruasi pada umumnya.

Anda tidak perlu merasa khawatir karena nyeri menstruasi merupakan hal yang wajar Anda rasakan di awal menstruasi. Untuk meredakan nyerinya, Anda dapat menerapkan beberapa tips berikut:

1. Relaksasi.

Cobalah untuk lebih rileks dengan jalan antara lain:

  • memperhatikan kualitas istirahat cukup
  • kompres bagian yang nyeri dengan air hangat, atau
  • coba berendam dengan air hangat dengan menyampurkan minyak aromatik untuk relaksasi
  • pijatan, yoga, dsb

2. Berolahraga secara teratur.

Pilih jenis olahraga yang ringan seperti jogging dan aerobic low impact. Olahraga ini sebaiknya dilakukan secara teratur, terutama saat mendekati masa menstruasi anda. Olahraga yang dilakukan secara teratur dapat membantu melancarkan aliran darah otot sekitar rahim sehingga dapat meredakan nyeri.

3. Sediakan obat pereda nyeri

Pengobatan yang sering dipakai untuk nyeri menstruasi adalah pereda nyeri golongan NSAID yaitu: aspirin, naproksen, ibuprofen, indometasin, dan asam mefenamat. Obat-obatan ini sering kali lebih efektif jika diminum 2 hari sebelum hingga masa menstruasi hari pertama atau kedua.

4. Cukupi kebutuhan nutrisi Anda

Saat menstruasi, beberapa nutrisi penting ikut terbuang bersama darah menstruasi. Tidak ada pantangan khusus yang harus dijalani selama menstruasi. Yang terpenting adalah memenuhi nutrisi yang diperlukan. Konsumsilah susu berkalsium tinggi, dan perbanyak asupan zat besi pada saat menstruasi berlangsung. Dan jika perlu konsumsilah suplemen vitamin B6 (100 mg per hari) dan Magnesium (400 mg per hari) selama siklus menstruasi untuk menstimulasi produksi hormon dan relaksasi.

Bagaimanapun, apabila Anda mengalami nyeri menstruasi lebih dari 2 hari, dengan intensitas nyeri yang semakin hebat, perdarahan menstruasi sangat banyak, atau memiliki tanda-tanda infeksi seperti demam, menggigil, nyeri pada tubuh, dan tidak respon terhadap pengobatan di atas kami sarankan sebaiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk tatalaksana yang lebih optimal. Pada keadaan ini, nyeri menstruasi yang Anda alami mungkin timbul sekunder akibat kondisi medis tertentu seperti endometriosis,  mioma, dsb.

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat. (SO)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter



 
Artikel Terkait
Artikel Terkait

JOIN MILIS

Masukkan e-mail untuk mendapatkan informasi terbaru dari klikdokter

Konsil Kedokteran Indonesia Departemen Kesehatan ILUNI FKGUI ILUNI FKUI Ikatan Dokter Indonesia Fiaksi Indonesia
Must Read close
Bayi jatuh dari tempat tidur
Hepatitis B kambuh?
Alat kelamin bengkok