klikdokter.com
Rabu, 24 September 2014
<

Keluar darah saat BAB

ketika BAB biasanya keluar darah yang cair dan tidak kental, apa penyebabnya ? apa yang dapat diakibatkan dari hal tersebut ? hal tersebut terjadi ketika BAB sulit keluar dan veses(kotoran) agak keras berwarna gelap. hal tersebut jarang terjadi, hanya sekali sekali saja. hal tersebut menandakan apa ? terimakasih banyak atas jawabannya. mohon penjelasannya.( perempuan, 20 thn,165 cm,65 Kg)



Saudari yang terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Perdarahan melalui lubang anus atau BAB berdarah dapat disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya adalah ambeien, polip usus besar, gastritis erosif (perlukaan pada lambung), kanker usus besar, lecet pada daerah anus karena feses yang keras (dan Anda mengedan), dll. Penyebab paling sering BAB berdarah yang tidak nyeri adalah wasir.

Wasir atau ambeien merupakan pembengkakan dan peradangan pada pembuluh darah balik (vena) pada daerah rektum atau anus. Untuk lebih jelasnya, Saudari dapat membaca artikel kami mengenai Wasir melalui URL link :

http://www.klikdokter.com/illness/detail/85

Saudari menyebutkan bahwa darah biasanya keluar saat feses keras, karena itu kemungkinan adanya lecet pada anus juga ada. Kami menyarankan Saudari untuk banyak minum serta mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran agar konsistensi feses lebih lunak. Apabila keluhan berlanjut silakan berkonsultasi langsung ke dokter untuk mencari penyebabnya dan evaluasi lebih lanjut.

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga membantu. (PNA)

Terima kasih.

 

(Redaksi Klikdokter)



 
Artikel Terkait
Artikel Terkait

JOIN MILIS

Masukkan e-mail untuk mendapatkan informasi terbaru dari klikdokter

Konsil Kedokteran Indonesia Departemen Kesehatan ILUNI FKGUI ILUNI FKUI Ikatan Dokter Indonesia Fiaksi Indonesia
Must Read close
Pengobatan rematik dengan batu?
Biaya konsultasi dr. Raymond
Hasil pemeriksaan keputihan