klikdokter.com
Sabtu, 02 Agustus 2014

Teh hijau dan kesuburan

Dokter, sy ingin bertanya, sy suka minum teh hijau, apakah teh hijau bisa menyebabkan berkurangnya kesuburan? terima kasih (perempuan, 30 thn,168 cm,75 Kg)



Ibu/Saudari yang terhormat,

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi dari klikdokter.

Hingga saat ini teh hijau telah diyakini memiliki banyak manfaat, termasuk manfaat kandungan polifenol dan hiposantinnya dalam meningkatkan kesuburan. Akan tetapi belum banyak studi yang meneliti hubungan  tersebut. Namun terkait dengan kandungan kafein dalam teh hijau, terdapat penelitian terbaru yang mengemukakan bahwa ibu hamil atau ibu yang sedang merencanakan kehamilan sebaiknya menghindari konsumsi makanan sumber kafein seperti kopi, teh, coklat secara berlebihan karena dapat meningkatkan risiko keguguran pada trimester awal kehamilan.

Berdasarkan Food Standards Agency, batas maksimal konsumsi kafein adalah 300 mg sehari, setara dengan 3 mug kopi instan atau 6 gelas teh. Dan penelitian terakhir pada bulan Maret 2008 oleh American Journal of Obstetrics and Gynecology mengemukakan bahwa 200 mg kafein dalam sehari dapat meningkatkan risiko keguguran sampai 15%. Hal ini terutama ditujukan pada ibu hamil dengan usia kandungan 12 minggu pertama karena waktu tersebut merupakan waktu yang paling berisiko untuk terjadinya keguguran.  

Adapun risiko konsumsi kafein lainnya adalah peningkatan risiko bayi dengan berat badan lahir rendah, bayi dengan kelainan testis yang tidak turun, serta peningkatan detak jantung dan tekanan darah yang dapat menyebabkan gangguan tidur pada ibu hamil. Kafein juga dapat meningkatkan produksi asam lambung yang berbahaya bagi mereka yang memiliki penyakit peradangan pada lambung.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat. (SO)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter



 
Artikel Terkait
Artikel Terkait

JOIN MILIS

Masukkan e-mail untuk mendapatkan informasi terbaru dari klikdokter

Konsil Kedokteran Indonesia Departemen Kesehatan ILUNI FKGUI ILUNI FKUI Ikatan Dokter Indonesia Fiaksi Indonesia
Must Read close
Kista pada akar gigi
Payudara terlalu besar
Ingin cepat punya anak