klikdokter.com
Jumat, 25 Juli 2014

Buruknya gula pasir berlebihan untuk bayi

Sore dok, anak saya umur 11 bulan, saya mau tanya : anak saya suka sekali dengan makanan yg manis, dan apabila saya beri jus buah (wortel, pir, apel, tomat dll) harus pakai gula pasir dan harus manis sekali bila manisnya sedikit dia tidak mau, apakah berbahaya pada anak saya yg seumuran dia sering diberi gula pasir? Terima kasih dok.( perempuan, 28 thn,150 cm,48 Kg)



Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Gula di dalam dunia kedokteran dikenal dengan karbohidrat. Karbohidrat merupakan zat hidrat arang yang memiliki rasa manis. TIdak heran apabila karbohidrat atau gula ini menjadi favorit untuk balita. Gula terdiri atas beberapa macam. Gula yang baik adalah jenis fruktosa yang banyak terdapat pada buah-buahan segar, sayuran, kacang-kacangan, ASI, dan biji-bijian. Sedangkan gula yang kurang baik adalah jenis sukrosa, dekstrosa, dan glukosa yang banyak terdapat pada sirup, gula pasir, permen, coklat, dan kue-kue.

Dalam jumlah cukup, gula akan dipakai sebagai bahan energi untuk aktivitas bayi sehari-hari. Pada usia dini tidak disarankan untuk memberikan makanan yang mengandung karbohidrat jahat. Tambahan gula pasir berlebihan akan menyebabkan penyerapan nutrisi oleh sistim pencernaan tidak berlangsung optimal, memicu terbentuknya karies gigi (gigi bolong pada akhirnya), dan meningkatkan kemungkinan batuk.

Kebiasaan memberikan makanan yang terlalu manis akan menyebabkan bayi cenderung lebih memilih makanan tersebut dibandingkan makanan lain. Hal ini dapat berujung pada kurangnya kebutuhan nutrisi bayi karena hanya kalori kosong yang dikonsumsinya. Kebiasaan kurang baik ini juga dapat memicu  berbagai gangguan di kemudian hari, seperti obesitas, penyakit jantung, darah tinggi, dan banyak lagi.

Kami tidak menyarankan pemberian gula pasir berlebihan pada anak Anda. Hal ini sebaiknya tidak dibiasakan. Pemberian berlebihan dapat menyebabkan berbagai hal yang kami sebutkan di atas.

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat. (TRH)

Salam,

Redaksi Klikdokter.



 
Artikel Terkait
Artikel Terkait

JOIN MILIS

Masukkan e-mail untuk mendapatkan informasi terbaru dari klikdokter

Konsil Kedokteran Indonesia Departemen Kesehatan ILUNI FKGUI ILUNI FKUI Ikatan Dokter Indonesia Fiaksi Indonesia
Must Read close
Kebutuhan kalsium bagi ibu hamil
Anak berkeringat banyak
Umbilical granuloma