klikdokter.com
Kamis, 31 Juli 2014

Cairan vagina bening, masa subur?

Dok, Setiap bulan, kira2 2 minggu setelah haid vagina saya selalu keluar lendir bening seperti gel panjang, tetapi hanya sehari saja, apakah itu berarti saya sedang masa subur? Jika ya, sel telur keluar brp hari setelah lendir keluar dari vagina? Apakah setelah lendir keluar harus berhubungan badan tiap hari spy bisa hamil? Terima kasih sebelumnya( perempuan, 30 thn,162 cm,56 Kg)



Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Konsistensi cairan vagina akan selalu berubah tergantung dari siklus hormonal di dalam tubuh. Setelah selesai menstruasi dimana hormon di dalam tubuh masih sangat rendah, cairan vagina akan memiliki konsistensi kental dan berwarna putih seperti susu. Menjelang ovulasi atau masa subur, cairan vagina akan memiliki konsistensi lebih cair dan berwarna lebih bening. Setelah masa ovulasi selesai, cairan vagina akan berubah seperti yang pertama kali.

Masa subur berada pada 14 hari plus minus 2 hari dari Hari Pertama Haid berikutnya. Apabila memang cairan vagina Anda bening dan berada pada rentangan perhitungan yang kami sajikan di atas, maka kemungkinan Anda sedang memasuki masa subur.

Anda dapat berhubungan intim setiap hari atau dua hari sekali selama masa subur untuk meningkatkan kemungkinan kehamilan. Sel sperma dapat bertahan di dalam saluran reproduksi wanita selama 72 jam sedangkan sel ovum dapat bertahan selama 48 jam setelah matang dan keluar.

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat. (TRH)

Salam,

Redaksi Klikdokter.



 
Artikel Terkait
Artikel Terkait

JOIN MILIS

Masukkan e-mail untuk mendapatkan informasi terbaru dari klikdokter

Konsil Kedokteran Indonesia Departemen Kesehatan ILUNI FKGUI ILUNI FKUI Ikatan Dokter Indonesia Fiaksi Indonesia
Must Read close
Mengatasi keringat bau pada anak
Siklus haid terlambat
Komplikasi diabetes