klikdokter.com
Selasa, 02 September 2014
<

Kapan 'test pack' digunakan?

pagi dok...! dok, saya sudah telat haid selama 1 minggu. tetapi waktu saya tes menggunakan tes pek hasilnya negative. mungkinkah saya hamil atau ada penyebab lainnya. tetapi ketika saya belum menikah, saya tidak pernah terlambat haid. dan haid saya pun teratur. kapn waktu yang baik untuk memeriksakan ke dokter kandungan. terlambat haid berapa hari tes pek digunakan. dan apa saja tanda kehamilan. terima kasih atas jawabannya.( perempuan, 24 thn,148 cm,47 Kg)



Ibu/Saudari yang terhormat,

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi dari klikdokter. Kami dapat memahami perasaan Anda saat ini.

Tanda-tanda kehamilan terdiri atas tanda kehamilan tidak pasti dan tanda kehamilan pasti. Tanda-tanda kehamilan tidak pasti yang dialami dapat bervariasi setiap individunya, antara lain adalah:

  • terlambatnya periode menstruasi
  • sering berkemih
  • pembesaran dan nyeri pada payudara
  • mual
  • perasaan lelah
  • daerah sekitar puting susu menghitam
  • peningkatan suhu tubuh
  • flek perdarahan karena perlekatan embrio ke dinding rahim, dsb

Sedangkan tanda pasti kehamilan (obyektif) adalah:

  • terasa bagian janin serta gerak janin pada perabaan
  • terdengar bunyi jantung janin pada auskultasi 
  • terlihat gambaran janin pada USG atau scanning

Tanda yang paling mudah untuk mencurigai adanya kehamilan adalah faktor keterlambatan menstruasi, namun hal ini baru dapat dilihat saat menstruasi mencapai siklus 28-30 hari dimana menstruasi seharusnya terjadi. Dan tanda-tanda tidak pasti kehamilan yang lain sebenarnya juga tidak khas menandakan kehamilan saja, karena menjelang menstruasi sebagian besar perempuan juga dapat merasakan keluhan yang serupa. Maka dari itu, test pack dilakukan untuk meyakinkan ada/tidaknya kehamilan.

Pemeriksaan kehamilan menggunakan test pack dapat menunjukkan hasil positif apabila telah mendeteksi hormon B-hCG dalam jumlah tertentu dalam urin. Hormon ini dapat ditemukan 8 hari setelah pembuahan pada 5% perempuan. Semakin besar usia kehamilan, kadar B-hCG yang dihasilkan semakin meningkat, sehingga kemungkinan didapatkannya hasil positif semakin besar.

Bagaimanapun, test pack juga dapat menunjukkan hasil negatif palsu akibat kesalahan teknik pemeriksaan, terlalu lama mencelupkan strip, atau apabila kadar hormon B-hCG dalam urin belum mencukupi. Oleh sebab itu kami sarankan sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan test pack ulang 2 minggu kemudian, atau langsung melakukan pemeriksaan kadar hormon B-hCG dalam darah untuk hasil yang lebih akurat. Adapun kehamilan baru dapat dilihat melalui pemeriksaan USG sejak minggu ke-4 hingga ke-6 kehamilan. 

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat. (SO)

 

Salam,

 

Tim Redaksi Klikdokter



 
Artikel Terkait
Artikel Terkait

JOIN MILIS

Masukkan e-mail untuk mendapatkan informasi terbaru dari klikdokter

Konsil Kedokteran Indonesia Departemen Kesehatan ILUNI FKGUI ILUNI FKUI Ikatan Dokter Indonesia Fiaksi Indonesia
Must Read close
Takut ke dokter gigi
Kesemutan jari-jari dan telapak tangan
Testis kanan lebih rendah dan nyeri