klikdokter.com
Kamis, 24 April 2014
Login | Register

Kebutuhan suplemen perempuan hamil

Selamat Pagi Dok.... Dok.... Pada pemeriksaaan keamilan yg pertama, saya dikasih obat folavit & obat mual yg diminum 1/2 jam sebelum makan, Lalu pada pemeriksaan kehamilan yg kedua , waktu itu usia keamilan saya 9 minggu, saya dikasih obat : - Viferron - Elkana - Inlacta DHA for Mother Yang ingin saya tanyakan, apa kandungan dr obat tsb, kenapa yah tdk dikasih folavit, bukankah folafit kandungan yg diperlukan pd tahap kehamilan, apakah obat tsb diatas wajib dikonsumsi pada usia kehamilan 9 minggu... Wassalam, Terima Kasih( perempuan, 27 thn,147 cm,45 Kg)



Ibu/Saudari yang terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kandungan dari Folavit adalah asam folat yang memang diperlukan oleh ibu hamil. Jenis vitamin B ini sangat bermanfaat untuk pembentukan tabung saraf yang akan berkembang menjadi otak dan tulang belakang bayi. Kekurangan asam folat, terutama selama kehamilan trimester pertama dapat menyebabkan bayi mengalami suatu keadaan yang disebut neural tube defect (NTD), dimana otak dan/atau tulang belakang bayi tidak dapat terbentuk secara sempurna.

Dosis asam folat yang dianjurkan minimal 400 mikrogram/hari pada perempuan yang tidak hamil, sedangkan ibu hamil memerlukan minimal sekitar 600 mikrogram/hari (50% lebih banyak dibandingkan perempuan yang tidak hamil). Namun, asam folat  ini (bersama dengan vitamin lainnya) juga terkandung di dalam Multivitamin Viferron. Karena ibu tidak perlu khawatir kebutuhan asam folat selama kehamilan triwulan pertama tidak terpenuhi.

Kedua suplemen lain yang Ibu sebutkan mengandung kalsium dan DHA. Kalsium diperlukan untuk pertumbuhan tulang dan gigi, jantung, sistem saraf, dan otot janin serta untuk mengembangkan ritme denyut jantung yang normal dan kemammpuan pembekuan darah. Jika ibu hamil tidak mendapatkan kalsium dalam jumlah yang cukup, janin akan mendapatkan kebutuhan kalsium tersebut dari tulang ibu hamil itu sendiri sehingga nantinya dapat menimbulkan efek samping. Kebutuhan kalsium adalah 1000 mg sebelum, selama, dan sesudah hamil.

DHA (docosahexanoic acid) merupakan asam lemak omega-3 yang dapat ditemukan dalam minyak ikan. Asam lemak ini penting bagi perempuan - terutama selama kehamilan. DHA membantu perkembangan otak, sistem saraf, dan mata janin. Sebuah penelitian yang dimasukkan ke dalam Journal of Perinatal Medicine menyimpulkan bahwa perempuan yang hamil atau menyusui membutuhkan 200 mg DHA per hari.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu. (PNA)

Terima kasih.

 

(Tim Redaksi Klikdokter)



 



JOIN MILIS

Masukkan e-mail untuk mendapatkan informasi terbaru dari klikdokter