klikdokter.com
Kamis, 21 Agustus 2014
<

Kaki bengkak setelah duduk lama

Dr.yang baik, Setiap hari kaki saya bengkak tanpa diketahui sebabnya.Padahal saya sudah periksa lab ginjal,lever,jantung,gula darah,semuanya normal. Oleh dokter hanya diberi obat ardium dan penghilang bengkak.Waktu mengkonsumsi obat tersebut memang tidak bengkak tapi stlh obat itu habis kaki saya kembali bengkak.Mohon bantuan dokter apa penyebab kaki bengkak ini? Sebagai informasi pekerjaan saya memang lebih banyak duduk dan bengak di kaki itu mulai bengkak disiang hari kira2 jam 2 siang.Posisi duduk seperti apa yg baik agar mendukung spy kaki tdk bengkak.Mohon penjelasannya.Atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih (perempuan, 51 thn,158 cm,62 Kg)



Ibu/Saudara yang terhormat,

Terimakasih atas pertanyaan Anda. Kami dapat memahami perasaan Anda saat ini. Tentunya keluhan bengkak di kaki Anda telah mengganggu pekerjaan Anda dan membuat Anda merasa tidak nyaman.

Berdasarkan informasi yang Anda berikan, kami menduga bengkak kaki yang Anda alami terkait dengan kondisi pembuluh darah balik (vena) kaki Anda. Berbeda dengan pembuluh darah nadi (arteri), pembuluh darah vena tidak memiliki otot yang dapat berkontraksi untuk mengalirkan darah. Sehingga aliran darah vena sangat bergantung pada kontraksi otot di sekitarnya yang membantu aliran darah vena kembali ke jantung. Selain itu, pembuluh darah vena memiliki katup satu arah yang dapat mencegah aliran balik darah vena karena gaya gravitasi, yaitu saat duduk atau berdiri terlalu lama. 

Penurunan aliran darah vena dapat disebabkan antara lain oleh sumbatan, kelemahan dinding pembuluh darah vena atau kerusakan katup vena, menyebabkan pembengkakan pada daerah yang terkena. Kondisi ini apabila dibiarkan pada akhirnya dapat menyebabkan infeksi dan peradangan.

"Apakah Anda merasakan nyeri pada daerah yang bengkak?"

"Apakah daerah tersebut tampak merah/kebiruan?" dsb

Idealnya perlu dilakukan pemeriksaan lebih lanjut seperti USG duplex atau venogram untuk menilai kondisi pembuluh darah vena Anda dan memastikan dugaan di atas. Untuk itu kami sarankan sebaiknya Anda segera memeriksakan diri kembali ke dokter Anda atau dokter spesialis bedah vaskular (pembuluh darah) untuk tatalaksana yang lebih optimal.

Tidak ada posisi duduk tertentu yang dapat mencegah pembengkakan pada kaki Anda. Cara yang paling sederhana adalah dengan melakukan peregangan dan berjalan secara periodik, atau menggunakan stocking kompresi untuk membantu aliran darah vena ke jantung. Selain itu, cobalah posisikan kedua kaki Anda sedikit lebih tinggi dari jantung apabila Anda hendak tidur.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat. (SO)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter



 
Artikel Terkait
Artikel Terkait

JOIN MILIS

Masukkan e-mail untuk mendapatkan informasi terbaru dari klikdokter

Konsil Kedokteran Indonesia Departemen Kesehatan ILUNI FKGUI ILUNI FKUI Ikatan Dokter Indonesia Fiaksi Indonesia
Must Read close
Posisi tidur ibu hamil
Jerawat kecil-kecil di pipi
Hamilkah saya?