klikdokter.com
Selasa, 29 Juli 2014

Gonore saat hamil

sore dok, HPHT saya tgl 17 apr 09 dok, tp sy br menikah tgl 2 mei .. sampai hr ini saya sudah telat 17 hr, dicek menggunakan alat cek kehamilan garisny 2, tp yg 1 masih burem dok .. sepulang honeymoon, suami mengalami keluhan gonorae, dan untuk mencegah tertular dokter memberi saya obat yg harus diminum lsg 7butir dgn cara selang 30mnt minumny .. yg jd pertanyaan saya, jika pd saat itu saya sdh hamil, atau sedang mengalami masa pembuahan y dok? obat tersebut bs berpengaruh pada janin g dok? krn saat itu saya tdk tau ap saya sudah mengandung atau blm? mohon pencerahanny y dok, krn sampe skrg saya merasa sangat bersalah pd calon bayi kami :( terima kasih ..( perempuan, 25 thn,156 cm,49 Kg)



Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Gonore merupakan penyakit menular seksual yang disebabkan oleh bakteri Neisseria gonorrhoeae yang pada umumnya ditularkan melalui hubungan kelamin, tetapi juga kontak secara langsung dengan eksudat yang infektif. Penyakit ini mempunyai insidens yang tinggi dibanding penyakit menular seksual lainnya.

Gonore dapat diatasi menggunakan antibiotik di masa kehamilan. Beberapa jenis antibiotik aman digunakan ketika hamil. Apabila saat itu Anda mencurigai Anda sedang hamil, seharusnya Anda mengatakannya ke dokter sehingga dapat diberikan obat yang aman untuk ibu hamil.

Antibiotik yang direkomendasikan apabila seorang wanita sedang hamil dan mengalami gonore adalah jenis ceftriakson dan spektinomicin. Antibiotik jenis ciprofloxacin, ofloxacin, and jenis fluoroquinolon lain merupakan kontraindikasi dalam kehamilan. Hal ini juga berlaku untuk antibiotik jenis tetrasiklin dan doxisiklin.

Efek samping yang dapat terjadi pada janin bervariasi dari paling ringan sampai paling berat. Kami sarankan agar Anda berkonsultasi ulang kepada dokter yang memberikan Anda obat apabila memang ternyata saat pengobatan kemarin Anda sedang hamil

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat. (TRH)

Salam,

Redaksi Klikdokter.



 
Artikel Terkait
Artikel Terkait

JOIN MILIS

Masukkan e-mail untuk mendapatkan informasi terbaru dari klikdokter

Konsil Kedokteran Indonesia Departemen Kesehatan ILUNI FKGUI ILUNI FKUI Ikatan Dokter Indonesia Fiaksi Indonesia
Must Read close
Keputihan saat hamil
Tekanan darah tinggi dan sakit kepala
Hubungan intim pengantin baru