klikdokter.com
Selasa, 16 September 2014
<

Sering haus

kenapa saya selalu merasa haus padahal saya sudah banyak minum air, ketika haus saya minum segelas air namun selang setengah jam kemuadian sudah merasa haus lagi? terima kasih ( laki-laki, 27 thn,164 cm,70 Kg)



Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Kebutuhan cairan tubuh setiap harinya berkisar antara 1-1,5 L air. Apabila asupan Anda memang masih memenuhi batas cairan tersebut maka hal tersebut bukanlah masalah. Namun gejala sering haus dapat dipertimbangkan sebagai salah satu gejala dari diabetes melitus dan diabetes insipidus.

Namun tentu saja gejala dari penyakit ini bukan hanya sering haus. Untuk diabetes melitus umumnya diikuti dengan sering lapar, sering berkemih di saat tidur, dan berat badan turun meskipun nafsu makan meningkat. Untuk diabetes insipidus diikuti dengan seringnya berkemih. Tentu saja sering minum akan berdampak sering berkemih, tidak perlu terlalu dikhawatirkan.

Seringnya haus pada diri Anda mungkin juga disebabkan karena kebutuhan asupan cairan dari tubuh Anda, apalagi apabila ditunjang dengan aktivitas Anda yang banyak atau kegiatan outdoor yang sering dilakukan. Pada usia Anda jarang terjadi penyakit kronik seperti diabetes, kecuali sudah dari kecil.

Apabila asupan cairan Anda memang masih di dalam batas normal maka tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Apabila Anda sangat terganggu, silakan berkonsultasi langsung ke dokter guna evaluasi lebih lanjut,

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat. (TRH)

Salam,

Redaksi Klikdokter.



 
Artikel Terkait
Artikel Terkait

JOIN MILIS

Masukkan e-mail untuk mendapatkan informasi terbaru dari klikdokter

Konsil Kedokteran Indonesia Departemen Kesehatan ILUNI FKGUI ILUNI FKUI Ikatan Dokter Indonesia Fiaksi Indonesia
Must Read close
Ngidam rujak premenstruasi
Nutrisi ibu hamil
Keluar darah dari hidung