klikdokter.com
Sabtu, 26 Juli 2014

Hernia atau tumor

Dokter, 2 tahun yang lalu saya menemukan benjolan kecil di perut bagian bawah atau di atas kelamin, kira2 sekitar 3-4cm di atas kelamin. Benjolan tersebut makin lama saya rasa makin besar, sampai suatu saat saya merasa benjolan itu mengecil dan semakin hari semakin mengecil. Tapi tidak berselang lama, saya merasakan terjadi perubahan ukuran dari kantung kemaluan saya. Saya merasa ada semacam daging tumbuh di dalamnya. Ternyata setelah sekian lama saya baru sadar, ternyata benjolan yang tadinya semakin membesar di atas kelamin tadi semakin mengecil karena tempatnya turun ke kantong kemaluan. Dan sekarang benjolan di perut sudah hilang sama sekali, dan kantung kemaluan saya semakin hari semakin membesar. � Pertanyaan saya : 1. Penyakit apa ini Dok, hernia ataukah tumor? 2. Saya harus berobat ke dokter specialist apa ? Terima kasih. ( laki-laki, 30 thn,164 cm,66 Kg)



Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Kami akan mencoba menjawab pertanyaan yang Anda ajukan :

1.    Penyakit apa ini Dok, hernia ataukah tumor?

Berdasarkan keterangan yang Anda berikan, mungkin saja ini adalah hernia.  Hernia, atau sering kita kenal dengan istilah “turun bero”, merupakan penonjolan isi suatu rongga melalui defek atau bagian lemah dari dinding rongga bersangkutan. Namun umumnya apabila ini adalah hernia skrotalis (hernia dalam kantung kemaluan), maka yang menjadi prinsip terjadinya hernia skrotalis adalah peninggian tekanan di dalam rongga perut dan kelemahan otot dinding perut (karena usia). 

Hernia skrotalis tersebut dapat tercetus pada kondisi peningkatan tekanan rongga perut seperti saat batuk, tertawa, mengedan, mengangkat benda berat, dan sebagainya. Hernia skrotalis sendiri akan terlihat dari buah zakar yang terlihat tidak simetris (salah satu terlihat lebih besar). Namun untuk memastikannya harus dilakukan pemeriksaan fisik secara langsung oleh dokter. Mungkin saja benjolan di perut Anda sebelumnya adalah tumor jinak seperti lipoma. Anda dapat membaca artikel kami mengenai hernia di :

http://www.klikdokter.com/illness/detail/74


2.    Saya harus berobat ke dokter specialist apa ?

Untuk memastikan diagnosa, Anda dapat berkonsultasi terlebih dahulu baik dengan dokter umum maupun dokter spesialis bedah. Saran kami, Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter umum, dan setelah mendapatkan kepastian diagnosis, Anda dapat dirujuk ke dokter spesialis bidang bersangkutan untuk penanganan lebih lanjut

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat. (TRH)

Salam,

Redaksi Klikdokter.



 
Artikel Terkait
Artikel Terkait

JOIN MILIS

Masukkan e-mail untuk mendapatkan informasi terbaru dari klikdokter

Konsil Kedokteran Indonesia Departemen Kesehatan ILUNI FKGUI ILUNI FKUI Ikatan Dokter Indonesia Fiaksi Indonesia
Must Read close
Haid banyak: Sebabnya?
Obat jerawat & cacat lahir?
Radiasi Telepon Genggam