klikdokter.com
Senin, 21 April 2014
Login | Register

Haid banyak: Sebabnya?

hallo dok! gini, saya sedang program anak kedua nih, anak pertama saya 4.5 th,terakhir ber-KB suntikan (yg 3 bln) 5 juli tahun 2008, 3 bulan ini haid saya banyak sekali, pertanyaan saya : 1. Gimana agar segera dapat anak kedua? 2. apa banyak darah haid, tidak berarti lemah kandungan? 3. Apa di usia 30th, termasuk "rawan" untuk hamil kembali?( perempuan, 30 thn,153 cm,52 Kg)



Ibu/Saudari yang terhormat,

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Setelah penggunaan KB suntik tidak dilanjutkan, dibutuhkan beberapa waktu untuk kesuburan kembali seperti semula (bisa sampai 1 tahun). Kembalinya kesuburan ditandai dengan kembalinya siklus menstruasi yang normal. Lama siklus menstruasi normal berkisar antara 21 - 35 hari, selama 3 - 7 hari, 20 - 60 ml per hari.

Bagaimana dengan siklus menstruasi Ibu? Apakah yang Ibu maksud dengan haid yang banyak? Apakah siklusnya kurang dari 21 hari? Apakah haidnya lebih lama (> 7 hari) dan lebih banyak? Apakah haid yang banyak disertai nyeri? Apakah ada nyeri saat berhubungan intim? Haid yang banyak dan lama memang dapat mengindikasikan adanya kelainan, seperti ketidakseimbangan hormon atau endometriosis. Untuk mengetahui hal ini, Ibu perlu membuat kalender menstruasi, kemudian konsultasikan kembali pada kami.

Apakah yang Ibu maksudkan dengan "rawan" hamil? Hamil di atas usia 30 tahun sama saja dengan saat hamil pada usia 20-an. Perbedaannya adalah, semakin tua usia saat hamil, semakin besar pula risiko memiliki anak dengan sindroma Down., yaitu 1 : 1000. Sedangkan pada usia 25 risiko tersebut adalah 1: 1250.

Untuk persiapan hamil, Ibu perlu mengetahui masa subur Ibu. Masa subur adalah 2 - 3 hari sebelum sampai sesudah ovulasi (dikeluarkannya sel telur dari indung telur). Sedangkan ovulasi biasanya terjadi 2 minggu (14 hari) sebelum dimulainya menstruasi berikutnya. Karena itu, Ibu perlu membuat kalender menstruasi.

Jika Ibumemiliki siklus menstruasi yang tidak teratur atau tidak normal, perhitungan menjadi tidak akurat dan kemungkinan besar gagal. Namun tidak ada salahnya jika mau mencoba. Jika siklus menstruasi Ibu tidak teratur, perlu dicari penyebabnya.

Selain itu, beberapa hal yang juga perlu Ibu lakukan adalah:

  • Hentikan segala kegiatan yang kurang baik apabila Ibu ingin hamil. Hindari merokok, obat-obatan terlarang, dan alkohol

  • Hindari juga konsumsi obat-obatan termasuk yang dijual bebas

  • Menurut The Center for Disease Control (CDC), wanita yang berencana untuk hamil dianjurkan mengkonsumsi vitamin B dalam jumlah cukup dan asam folat sebanyak 400 mikrogram/hari agar dapat mengurangi risiko gangguan perkembangan otak embrio

  • Asupan nutrisi yang adekuat, olahraga teratur, dan istirahat yang cukup

  • Lakukan hubungan intim 3x/minggu dengan posisi misionaris (pria di atas)

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu. (PNA)

Terimakasih.

 

(Tim Redaksi Klikdokter)



 



Live Chat

JOIN MILIS

Masukkan e-mail untuk mendapatkan informasi terbaru dari klikdokter