klikdokter.com
Rabu, 30 Juli 2014

Pemeriksaan keperawanan

dokter yang terhormat saya mau tanya.. bagaimana cara mengetahui cewek itu masih perawan atau tidak. kan saya bilang ama pacar saya,,yah udah kita test aja.kamu masih perawan atau tidak...tapi dok..saya bilang bagaimana di rumah sakit..dan saya harus menemuhi siapa.?? THX yah dok,telah baca keluhan saya.. tolong di balas( laki-laki, 23 thn,170 cm,55 Kg)



Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Istilah keperawanan saat ini diindikasikan dengan adanya selaput dara pada liang vagina seorang wanita.  Padahal, definisi sebenarnya dari hilangnya keperawanan adalah sudah masuknya penis ke dalam vagina (penetrasi) atau sudah melakukan hubungan intim. Untuk melakukan pemeriksaan keperawanan umumnya dilakukan dengan memeriksa hymen atau selaput dara.

Selaput dara / hymen adalah selaput membran mukosa yang berada atau menutupi vagina bagian luar. Membran ini bersifat elastis dan bentuknya berbeda-beda. Ada yang berbentuk bulat, pori-pori, dan memiliki septa (batas) di tengahnya.

Pada umumnya selaput ini akan robek pada hubungan seksual yang pertama dimana saat itu terjadi penetrasi (penis masuk ke vagina) dan menyebabkan robekan. Namun untuk jenis hymen yang elastis, mungkin saja tidak terdapat robekan. Perlu diingat bahwa robekan pada selaput dara tidak harus selalu diakibatkan oleh hubungan seksual. Karena strukturnya yang tipis, penggunaan tampon dan olahraga berat juga dapat menyebabkan robekan pada selaput dara.

 

Karena itu, walaupun himen yang utuh mengindikasikan bahwa perempuan itu masih perawan, namun himen yang tidak utuh bukan berarti ia tidak perawan. Ada juga keadaan dimana perempuan sudah berhubungan intim, namun himennya masih utuh, yang disebut himen yang elastis. Karena itu konsep yang perlu digunakan di sini adalah keperawanan hilang saat seseorang melakukan hubungan intim. Hal ini juga berlaku untuk  pria, yang jika sudah pernah melakukan masturbasi namun belum melakukan hubungan intim, berarti pria tersebut masih perawan.

 

Untuk mengetahui apakah himen masih utuh atau tidak walau sudah pernah melakukan hubungan intim dapat dilakukan dengan memeriksakan diri ke dokter, baik dokter umum maupun dokter kebidanan dan kandungan. Dokter akan memeriksa dengan cara melihat langsung bagian depan kemaluan/vagina untuk melihat kondisi hymen.

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat. (TRH)

Salam,

Redaksi Klikdokter.



 
Artikel Terkait
Artikel Terkait

JOIN MILIS

Masukkan e-mail untuk mendapatkan informasi terbaru dari klikdokter

Konsil Kedokteran Indonesia Departemen Kesehatan ILUNI FKGUI ILUNI FKUI Ikatan Dokter Indonesia Fiaksi Indonesia
Must Read close
Imunisasi pranikah berbahaya?
Asfiksia dan Apgar score
Belum hamil