klikdokter.com
Rabu, 30 Juli 2014

Masa penularan cacar?

Siang Dok, saat ini saya sedang hamil 9 minggu 6 hari dan saat ini saya tinggal serumah dengan adik saya yang masih mengalami proses penyembuhan dari sakit cacarnya. Yang ingin saya tanyakan, berapa lama penyakit cacar tersebut sudah masuk dalam kategori AMAN untuk tidak menular ke yang lain? Apa yang harus saya lakukan untuk menghindarinya demi janin yang ada dalam tubuh saya saat ini Dok? Terima kasih banyak atas jawaban Dokter.(perempuan, 27 thn,170 cm,55 Kg)



Ibu/Saudari yang terhormat,

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi dari klikdokter. Kami dapat memahami kekhawatiran Anda saat ini.

Infeksi cacar air selama kehamilan memang merupakan penyakit yang sering dikhawatirkan oleh ibu hamil karena dapat memengaruhi kesehatan ibu dan janin dalam kandungan. Efek yang serius terhadap ibu hamil adalah pneumonitis varicella. Sedangkan pada janin dapat terjadi swuatu kelainan Congenital Varicella Syndrome (CVS) berupa kelainan ukuran kepala dan anggota gerak tubuh, kelainan mata, dsb. Risiko CVS adalah sebesar 0,4% pada usia kehamilan kurang dari 12 minggu, meningkat menjadi 2% pada usia kehamilan 13 sampai 20 minggu, dan menurun menjadi 1 % pada usia kehamilan lebih dari 20 minggu.

Secara definisi, cacar air adalah infeksi akut primer yang disebabkan oleh virus Varisela-Zoster yang menyerang kulit. Cacar air umumnya dapat sembuh sendiri, namun bersifat sangat menular melalui udara. Terutama pada kondisi dimana daya tahan tubuh seseorang sedang menurun, seperti selama kehamilan. Cacar air umumnya masih sangat menular hingga lebih kurang 7 hari sejak timbulnya gejala kulit. Untuk itu kami sarankan sebaiknya Anda menghindari kontak dengan Adik Anda hingga masa penyembuhannya selesai. Diskusikan hal ini dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan Anda. Dokter akan menentukan perlu/tidaknya pemberian antibodi atau antiviral tertentu sebagai tindakan pencegahan.

Demikian penjelasan kami. Semoga dapat membantu. (SO)

Terimakasih,

(Tim Redaksi Klikdokter)



 
Artikel Terkait
Artikel Terkait

JOIN MILIS

Masukkan e-mail untuk mendapatkan informasi terbaru dari klikdokter

Konsil Kedokteran Indonesia Departemen Kesehatan ILUNI FKGUI ILUNI FKUI Ikatan Dokter Indonesia Fiaksi Indonesia
Must Read close
Ingin menurunkan berat badan
Kanker serviks dan cunilingus?
Kadar prolaktin tinggi