klikdokter.com
Senin, 21 April 2014
Login | Register

Cara mengejan yang benar

Saya sdg hamil 35 minggu, dan saya sedang mencari informasi mengenai persalinan, khususnya persalinan normal. Saya telah membaca informasi yang terdapat di Kalender Kehamilan pada website ini. Namun dapatkah saya mendapat informasi yang lebih rinci mengenai cara mengejan/mengedan yang lebih spesifik dan bagaimana cara agar dapat mengurangi kemungkinan dilakukannya epistiotomi, mengingat bahwa kehamilan ini adalah primigravidarum. terima kasih sebelumnya.( perempuan, 23 thn,160 cm,60 Kg)



Ibu / saudari yang terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan ekonsultasi klikdokter. Kami akan mencoba menjawab pertanyaan yang Ibu ajukan :

1. cara mengejan/mengedan yang lebih spesifik

Cara mengejan yang benar adalah dalam posisi litotomi atau kedua kaki Ibu membuka, Ibu dalam posisi setengah duduk, kedua tangan Ibu dikaitkan ke lipatan lutut (sebagai pegangan). Seperti gambar di bawah ini, tangan Ibu bisa di depan lutut namun umumnya kurang kuat. Disarankan tangan Ibu berada di lipatan lutut.

Setelah itu Ibu dapat menarik napas dalam dan mulai mengejan apabila mulas datang. Jangan mengejan apabila tidak mulas. Mengejan diawali dengan menarik napas dalam dan mengejan dalam kondisi mulut tertutup. Jangan sambil berteriak karena mengejan tidak akan maksimal. Lakukan pengejanan berulang ketika mulas datang atau sesuai perintah dokter/bidan sampai bayi lahir

2. bagaimana cara agar dapat mengurangi kemungkinan dilakukannya episiotomi

Episiotomi hanya dilakukan apabila ruang vagina untuk mengeluarkan janin dinilai tidak cukup luas atau dikhawatirkan robek akibat proses keluarnya janin. Episiotomi dapat dikurangi kejadiannya apabila Ibu rajin berlatih Kegel guna melatih elastisitas dari otot panggul dan vagina. Semakin elastis dan mudah meregang maka akan semakin sedikit kemungkinan dilakukannya episiotomi.

Sekian, kami doakan semoga proses melahirkan Ibu berjalan lancar. (TRH)

Terima kasih.

(Tim Redaksi Klikdokter)



 



Live Chat

JOIN MILIS

Masukkan e-mail untuk mendapatkan informasi terbaru dari klikdokter