klikdokter.com
Selasa, 02 September 2014
<

Benjolan bawah rahang

Dok, Saya punya benjolan kecil di rahang sebelah kiri. Awalnya saya pikir ini adalah jerawat karena klo jerawatan biasanya suka diawali dengan radang. Tapi ternyata eh ternyata benjolannya koq gak ilang-ilang..???apakah ini kutil??bagaimana cara mengatasinya??Trims.( laki-laki, 24 thn,180 cm,55 Kg)



Bapak/Saudara yang terhormat,

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Benjolan pada leher dapat disebabkan oleh banyak hal, yang paling sering ditemukan adalah kelenjar getah bening yang membengkak. Kelenjar getah bening merupakan bagian dari sistem getah bening, yang merupakan bagian dari sistem kekebalan tubuh. Getah bening merupakan getah atau cairan bening yang mengalir di sistem getah bening dan mengangkut limfosit (salah satu jenis sel darah putih). Limfosit berperan dalam melindungi tubuh terhadap infeksi dan terhadap perkembangan kanker. Kelenjar getah bening dapat membesar karena adanya peningkatan limfosit atau makrofag sebagai respon kekebalan tubuh dari adanya agen infeksi (bakteri atau virus), karena keganasan kelenjar itu sendiri ataupun (limfoma), karena penumpukan bakteri, virus, jamur, ataupun sel-sel metastatis (sel sebar kanker dari paru, hidung, payudara) pada kelenjar tersebut. 

Pembengkakan dari kelenjar liur yang terletak di bawah rahang bawah dapat disebabkan oleh infeksi ataupun keganasan. Bengkak pada kulit atau tepat di bawah kulit biasanya disebabkan oleh kista, termasuk kista sebasea (kelenjar minyak). Pada kelenjar tiroid di bagian depan atau tengah leher dapat ditemukan benjolan, baik soliter maupun multipel, karena adanya penyakit tiroid atau keganasan. Benjolan lainnya yang dapat terjadi di daerah leher adalah lipoma yaitu tumor jinak yang berasal dari jaringan lemak.

Untuk itu perlu diketahui karakteristik benjolan tersebut, seperti perabaannya kenyal atau tidak, apakah dapat digerakkan atau digeser, apakah nyeri, apakah semakin membesar, apakah didahului oleh radang, dll. Kami menyarankan Bapak memeriksakan benjolan tersebut ke dokter, untuk mengetahui secara pasti penyebab benjolan karena harus dilihat dan diraba secara langsung.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu. (PNA)

Terimakasih.

 

(Tim Redaksi Klikdokter)



 
Artikel Terkait
Artikel Terkait

JOIN MILIS

Masukkan e-mail untuk mendapatkan informasi terbaru dari klikdokter

Konsil Kedokteran Indonesia Departemen Kesehatan ILUNI FKGUI ILUNI FKUI Ikatan Dokter Indonesia Fiaksi Indonesia
Must Read close
Kanker lambung?
Gigi tambalan sakit
Cara turunkan berat badan