klikdokter.com
Kamis, 17 April 2014
Login | Register

Tinja anak berwarna hijau

Dok, Pump anak saya warnanya hijau kadang agak tua, kadang tidak...masalah tidak dok? Anak saya minum ASI tapi terkadang juga ditambah formula terimakasih (laki-laki, 1 thn,56 cm,4 Kg)



Saudara/Saudari yang terhormat,

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi dari klikdokter.

Tinja anak dapat sesekali berwarna hijau. Hal ini masih dapat dikatakan normal selama bentuk/konsistensinya masih baik (tidak encer).

Warna kuning pada tinja berasal dari proses pencernaan lemak yang dibantu oleh cairan empedu. Dalam payudara ibu, terdapat dua jenis air susu ibu (ASI): ASI depan (foremilk) dan ASI belakang (hindmilk). Saat menyusu, anak akan menghisap ASI depan terlebih dahulu hingga habis baru kemudian air susu ibu (ASI) belakang akan terhisap. Bagian ASI depan (foremilk) memiliki lebih banyak kandungan gula dan laktosa tetapi rendah lemak. Sedangkan ASI belakang (hindmilk) mengandung banyak lemak. Lemak tersebut apabila masuk ke dalam usus anak, akan membuat kandung empedu berkontraksi memeras cairannya keluar. Cairan empedu ini akan memecah lemak menjadi zat yang dapat diserap usus dan membuat tinja menjadi kuning. Namun apabila bayi hanya mendapat ASI depan (foremilk) yang mengandung sedikit lemak dan banyak gula, kadang terjadi perubahan pada proses pencernaan yang akhirnya membuat feses bayi berwarna hijau. Bahkan sering juga dari situ terbentuk gas yang terlalu banyak sehingga bayi merasa tidak nyaman.

Bayi yang diberikan ASI secara eksklusif umumnya akan memiliki warna tinja lebih cerah dan cemerlang atau didominasi oleh warna kuning, disebut golden faeces. Hal ini menandakan bahwa bayi tersebut mendapatkan ASI secara penuh, dari ASI depan (foremilk) hingga ASI belakang (hindmilk). Sedangkan pada bayi yang mendapatkan susu formula, atau ASI dicampur susu formula, warna tinja akan menjadi lebih gelap, seperti kuning tua, kecoklatan, kuning kecoklatan atau cokelat kehijauan.

Sebagai kesimpulan, Anda tidak perlu merasa khawatir apabila warna tinja anak Anda berubah-ubah. Karena yang baik memang tidak berwarna hijau terus, tetapi hijau kuning, hijau, dan kuning, secara bergantian. Hal ini menandakan bahwa anak Anda mendapatkan ASI yang lengkap dari ASI depan (foremilk) hingga ASI belakang (hindmilk), agar kandungan gizinya lengkap. Ditambah, saat ini anak Anda juga mendapatkan susu formula di samping ASI sehingga kondisi ini masih dapat dikatakan wajar. Namun apabila warna tinja anak Anda berubah menjadi putih/keabuan, disertai lendir atau darah, segera periksakan anak Anda ke dokter spesialis anak untuk tatalaksana yang lebih optimal.

Demikian penjelasan kami. Semoga dapat membantu. (SO)

Terimakasih,

(Tim Redaksi Klikdokter)



 



JOIN MILIS

Masukkan e-mail untuk mendapatkan informasi terbaru dari klikdokter