klikdokter.com
Kamis, 24 April 2014
Login | Register

Mulut rahim menghadap belakang

dokter yang terhormat, saya telah menikah 5 th tapi belum punya anak. kata dokter mulut rahim saya menhadap kebawah belakang, saat ini saya pingin punya anak. bagaimana solusinya. perlu diketahui bahwa HSG tak bisa dilakukan karena keadaan mulut rahim seperti itu. ( perempuan, 40 thn,150 cm,45 Kg)



Ibu/Saudari yang terhormat,

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Mengingat Ibu telah menikah 5 tahun dan belum juga hamil, tampaknya ada masalah kesuburan yang cukup serius. Terlebih dahulu harus dipastikan kondisi sperma suami, saluran telur istri dan pertumbuhan sel telur istri (ovulasi). Faktor posisi (arah) rahim tidak penting.

Kondisi saluran telur bisa diperiksa dengan HSG. Umumnya tidak sulit melakukan HSG walaupun rahim arah ke belakang. Tapi kalau memang tidak bisa, sebaiknya dilakukan laparoskopi (operasi teropong), suatu prosedur operasi dengan pembiusan umum. Kalau dari pemeriksaan-pemeriksaan terseb ut menunjukkan hasil cukup baik, maka sebaiknya dilakukan inseminasi. Inseminasi bisa diulang 3 siklus. Kalau tetap belum hamil, sebaiknya dipertimbngkan untuk ikut program bayi tabung.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu.

Terimakasih.

 

dr. Indra N. C. Anwar, Sp.OG

(Tim Redaksi Klikdokter)



 



JOIN MILIS

Masukkan e-mail untuk mendapatkan informasi terbaru dari klikdokter