klikdokter.com
Selasa, 02 September 2014
<

Sesak napas dan batuk berdahak

dokter, istri saya kadang-kadang mengalami sesak napas yang sangat mengganggu, sepertinya ada yang menutup saluran napasnya, dan harus batuk agak keras untuk mengeluarkan lendir yang ada dalam tenggorokan. apa penyebabnya dan obatnya apa, mohon sarannya. terima kasih.( perempuan, 39 thn,160 cm,51 Kg)



Bapak/Saudara yang terhormat,

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Sudah berapa lamakah keluhan ini dirasakan? Kapan sajakah sesak napas dirasakan, apa ada waktu-waktu atau jam-jam tertentu? Apakah saat sesak napas menjadi berbunyi ngik-ngik (mengi)? Apakah sesak atau batuk-batu muncul setelah terpapar zat-zat tertentu, seperti asap rokok atau debu? Apakah ada riwayat alergi pada istri atau keluarga istri Bapak? Ada kemungkinan sesak napas dan batuk pada istri Bapak merupakan serangan asma.

Asma adalah penyakit kronis (berlangsung lama) yang ditandai oleh sesak napas disertai bunyi ngik-ngik (mengi) dan / atau batuk persisten dimana derajat keparahan setiap orang berbeda-beda. Pada saat serangan yang terjadi adalah menyempitnya jalan napas kita akibat dari pengerutan bronkus yang menyebabkan udara sulit keluar masuk paru.

Penderita asma akan mengeluhkan sesak nafas karena udara pada waktu bernafas tidak dapat mengalir dengan lancar pada saluran nafas yang sempit dan hal ini juga yang menyebabkan timbulnya bunyi ngik-ngik pada saat bernafas, dan batuk, khususnya pada malam atau dini hari. Pada penderita asma, penyempitan saluran pernafasan yang terjadi dapat berupa pengerutan dan tertutupnya saluran oleh dahak yang dirpoduksi secara berlebihan dan menimbulkan batuk sebagai respon untuk mengeluarkan dahak tersebut.

Penyebab dari asma belum sepenuhnya dimengerti. Namun faktor risiko yang dapat mencetuskan timbulnya asma adalah, alergen (zat yang menyebakan alergi),infeksi, cuaca, kegiatan jasmani dan iritan. Asma tidak dapat disembuhkan, namun dapat di kontrol dengan tata laksana yang tepat.

Penyebab dari asma belum sepenuhnya dimengerti , beberapa zat atau bahan yang dapat mencetuskan timbulnya serangan adalah;

  • Benda-benda dalam ruangan (tungau debu rumah dalam kasur, karpet, dan perabotan kotor dan bulu binatang)
  • Benda-benda di luar ruangan (polusi, asap buangan pabrik)
  • Asap rokok
  • Refluks gastroesofagus (sering muntah)
  • Udara dingin, emosi yang berlebihan seperti marah atau ketakutan dan olahraga juga dapat mencetuskan serangan asma. Bahkan beberapa obat seperti aspirin dan obat anti inflamasi lainnya dan beta bloker juga dapat mencetuskan serangan.

Pengobatan asma secara cepat/jangka pendek yaitu dengan menggunakan obat pelega saluran pernafasan seperti inhaler dan nebulizer yang berfungsi menghentikan serangan asma. Pengobatan jangka panjang yang berfungsi untuk mencegah terjadinya serangan asma adalah dengan menggunakan obat-obatan seperti steroid berfungsi untuk tetap membuat saluran pernafasan terbuka dan menggurangi pembengkakan. Namun yang sangat penting adalah menghindari kemungkinan alergen-alergen yang ada.

Saran kami, istri Bapak berobat ke dokter umum atau spesialis paru untuk dilakukan pemeriksaan yang lebih seksama. Jika memang ada kecurigaan ke arah asma, atau ada riwayat alergi pada istri atau keluarganya, dapat dilakukan uji hipersensitivitas terhadap beberapa zat yang sering menjadi alergen.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu. (PNA)

Terimakasih.

 

(Tim Redaksi Klikdokter)



 
Artikel Terkait
Artikel Terkait

JOIN MILIS

Masukkan e-mail untuk mendapatkan informasi terbaru dari klikdokter

Konsil Kedokteran Indonesia Departemen Kesehatan ILUNI FKGUI ILUNI FKUI Ikatan Dokter Indonesia Fiaksi Indonesia
Must Read close
Sakit kepala sebelah
Menyusui saat hamil?
Menyusui kala hamil