klikdokter.com
Senin, 01 September 2014
<

Anak mengigau

Kenapa ya sejak kecil sampai sekarang anak sy kalo tidur selalu mengigau dan tidak jarang suka menendang2 seperti orang yang kesal,jarang sekali anak sy ini tidur dengan nyeyak,mohon penjelasannya dok terimakasih( laki-laki, 4 thn,105 cm,15 Kg)



Ibu / saudari yang terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan ekonsultasi klikdokter. Anak mengigau dapat disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya adalah :

1. Anak terlalu banyak beraktivitas di siang hari dan tidur dalam kondisi lelah. Anak yang terlalu banyak bermain atau menonton tv pada siang hari atau menjelang tidur dapat menjadi gelisah dan mengigau ketika tidur, hal ini terjadi karena apa yang baru saja dilakukan menjelang tidur terbawa sampai kedalam mimpi. Maka ada baiknya setengah jam sebelum tidur anak sudah dikondisikan siap tidur, artinya tidak melakukan sesuatu yang menguras pikiran dan emosi

2. Anak mengalami kejadian yang sangat berkesan sehingga tidak terlupakan dan terbawa sampai tidur. Perasaan kesal,marah, sedih, jengkel yang dipendam justru akan keluar ketika tidur. Mengigau adalah ungkapan jujur dari manusia. Berbeda dengan orang dewasa yang mengigau dalam kata-kata, anak  igauannya dalam bentuk gumamam, menangis, senyum atau tertawa

3. Keinginan yang tidak terpenuhi dapat menyebabkan terbawanya ingatan tersebut ke dalam mimpi

Untuk mengatasinya Anda dapat menenangkan anak Anda sebelum tidur. Selain itu Anda dapat mengajaknya berbicara dari hati ke hati agar mengetahui keinginan anak sebenarnya. Jadi, tak perlu cemas, kalau anak mengigau sambil menangis. Demikian juga bila ia mengigau berupa senyuman atau tertawa gembira. Hal tersebut merupakan ungkapan perasaannya. Sekian, semoga membantu. (TRH)

Terima kasih.

(Tim Redaksi Klikdokter)




 
Artikel Terkait
Artikel Terkait

JOIN MILIS

Masukkan e-mail untuk mendapatkan informasi terbaru dari klikdokter

Konsil Kedokteran Indonesia Departemen Kesehatan ILUNI FKGUI ILUNI FKUI Ikatan Dokter Indonesia Fiaksi Indonesia
Must Read close
Nyeri perut akibat obat TB?
Benjolan pada payudara bayi
Sariawan sakit saat mengunyah