klikdokter.com
Jumat, 19 September 2014
<

Nyeri dada

Dok,mau tanya, istri saya pada saat nafas/tarik nafas kadang disekitar dada atau jantungnya terasa sakit/nyut nyutan, gejala ini tidak selalu, hanya kadang-kadang saja,dan sakitnya sebentar saja.gejala ini sudah berlangsung +/-6 bulan. secara garis keturunan belum ada anggota keluarganya yg sakit jantung, mohon informasinya mengenai gejala ini. terima kasih.( perempuan, 29 thn,165 cm,70 Kg)



Bapak / saudara yang terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan ekonsultasi klikdokter. Gejala yang dikeluhkan oleh istri Anda tidak terlalu khas untuk penyakit jantung? Adakah keluhan lainnya seperti lelah saat beraktivitas, nyeri dada saat beraktivitas, nyeri dada menjalar ke lengan kiri atau ke punggung, bengkak di kaki, berdebar-debar, dan segala macam gejala lainnya? Adakah penyakit lain yang diderita istri Anda, seperti penyakit paru, asma, TB? Adakah riwayat trauma dada sebelumnya? Adakah bunyi napas tambahan 'ngik-ngik; sesak saat malam hari,riwayat alergi? bagian dada sebelah mana yang sakit?

Dengan 1 data keluhan yang Anda jabarkan tidak akan cukup untuk mengetahui apa penyebab dari gejala tersebut. Banyak sekali penyebab dari keluhan ini, tergantung dari organ apa yang terlibat, bisa dari kulit, otot, paru, jantung, selaput paru, selaput jantung, dan tulang. Perlu dianalisa lebih lanjut lagi mengenai keluhan ini. Berkonsultasilah langsung ke dokter untuk melakukan evaluasi lebih lanjut, kemungkinan diperlukan pemeriksaan penunjang seperti foto roentgen dada, dan EKG. Sekian, semoga membantu. (TRH)

 

Terima kasih.

(Tim Redaksi Klikdokter)



 
Artikel Terkait

Artikel Terkait

JOIN MILIS

Masukkan e-mail untuk mendapatkan informasi terbaru dari klikdokter

Konsil Kedokteran Indonesia Departemen Kesehatan ILUNI FKGUI ILUNI FKUI Ikatan Dokter Indonesia Fiaksi Indonesia
Must Read close
Mata keruh kekuningan
Labia minora memanjang?
Anak bau mulut ?