klikdokter.com
Sabtu, 23 Agustus 2014
<

Susah tidur?

sudah lumayan lama saya sering mengalami susah tidur,bahkan selama seminggu terakhir tidur saya paling cuma 4 jam/hr(24 jam).saya sering paksa pikiran ini untuk berhenti berpikir di waktu saya harus tidur tapi,saya tidak bisa.bahkan kadang kepala saya sampai teraa sakit karna tak bisa tidur. apa yg harus saya lakukan untuk mengatasi masalah saya ini?. terima kasih banyak buat form e-konsultasi ini.( laki-laki, 33 thn,171 cm,65 Kg)



Saudara yang Terhormat,

Tidur itu kelihatannya sepele, tapi kalau kurang tidur ibaratnya semua sistim di tubuh kita akan menjadi kacau. Karena itu tidur akhirnya menjadi penting, setidak-tidaknya orang harus tidur khususnya malam hari  kira-kira 6 jam. Tapi erat juga  tidur itu dengan kebiasaan seseorang. Perdana Menteri India dulu kata orang hanya tidur malam hari itu  dua jam saja. Kita ambil yang biasa-biasa saja yaitu sekitar paling sedikit 6 jam.

Kalau bayi mula-mula hidupnya hanya tidur, karena belum ada yang dikerjakannya dan belum ada yang dipikirkannya. Untuk Anda perlu diketahui apa pekerjaanmu, apa yang sering atau selalu Anda pikirkan, atau ada masalah yang belum terrselesaikan sehingga selalu dipikirkan selain beberapa keadaan fisik, misalnya udara terlalu dingin atau panas, atau kondisi ruangan yang ribut atau  hal-hal fisik lainnya sehingga Anda tidak bisa tidur. Namun yag biasanya terjadi adalah pikiran berjalan terus atau selalu berpikir  sehingga otak kita berkerja terus dengan akibat kelenjar adrenalin dalam tubuh kita selalu aktif dan selalu pula adrenalinnya tinggi kadarnya.

Ada pula orang yang gelisah terus atau aktif terus misalnya oang hipertiroid, ini juga sulit tidur. Yang paling banyak orang tidak bisa tidur ialah orang yang sakit jiwa, sampai berhari-hari tidak tidur, sampai-sampai matanya merah karena tidak tidur itu tadi. Orang yang ketakutan juga tidak bisa tidur karena dia selalu siap-siap, selalu siaga untuk menghadapi keadaan-keadaan yang berbahaya menurut pikirannya.

Saudara, sekarang ini sudah banyak obat-obat yang tersedia, khususnya untuk mengatasi sulit tidur. Obat-obat  ini murni supaya bisa tidur. Jadi bukan obat-obat kejiwaan, bukan pula obat tidur yang dapat menimbulkan ketagihan. Jadi setengah jam setelah kita minum obat itu kita akan tertidur dan kita juga akan bangun dengan keadaan segar. Ini obat-obat terbaru. Kalau sebelumnya kita memang bisa tidur , tapi kalau banyak sering merasa tidak enak terutama obat-obat penenang ringan yang sering diminum demi untuk mencapai tidak bisa tidur itu  tadi.

Jadi Anda harus ke dokter. Pastikan dulu memang tidak ada masalah yang kau hadapi yang menyebabkan tidak bisa tidur. Dengan obat penenang ringan itu bisa juga diatasi.Kalau sekiranya ada sedikit malah  kejiwaan. Tapi kalau hanya tidak bisa tidur tapi tidak ada masalah kejiwan sudah tersedia pula obatnya untuk itu. Saya tidak tahu apakah  obat ini sudah ada di daerah Anda, sebab obat ini khusus untuk tidur saja  bukan karena ada masalah mental atau  kejiwaan. Cobalah berkonsultasi ke dokter jiwa yang ada di daerah Anda Kalau hal itu masih mengganjal pada diri Anda.

Terima Kasih

Dr. Sukardi U, Sp.KJ(K)

(Tim Redaksi Klikdokter)



 
Artikel Terkait
Artikel Terkait

JOIN MILIS

Masukkan e-mail untuk mendapatkan informasi terbaru dari klikdokter

Konsil Kedokteran Indonesia Departemen Kesehatan ILUNI FKGUI ILUNI FKUI Ikatan Dokter Indonesia Fiaksi Indonesia
Must Read close
Flek coklat: kegugurankah?
Sirosis hati
Terapi gondok tanpa operasi?