klikdokter.com
Senin, 28 Juli 2014

Ari-ari di bawah, berbahaya?

Selamat siang Dok, Umur kehamilan saya saat ini 29 minggu,berat bayi 1.4 kg. Saat ini kata dokter kandungan saya, ari-ari bayi berada di bawah,dan akan berbahaya apabila saya dan suami berhubungan. Apakah nantinya ari-ari itu nantinya dapat bergerak ke atas dan apa saja efeknya jika ari-ari masih di bawah. Terima kasih( perempuan, 27 thn,152 cm,60 Kg)



Ibu / saudari yang terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan ekonsultasi klikdokter. Ari-ari di bawah dalam dunia medis dikenal dengan nama plasenta previa. Plasenta previa adalah kondisi dimana plasenta (ari-ari) berada pada lokasi yang tidak seharusnya yaitu di segmen rahim bagian bawah atau dekat dengan jalan lahir. Hal ini umumnya mulai diwaspadai apabila terjadi menjelang trimester ketiga. 

Kondisi plasenta berada di bawah hanya diobservasi saja sampai plasenta bergeser sendiri ke tempatnya yang benar (bagian atas rahim) karena rahim anda saat ini masih berkembang. Memang pada kondisi ini anda sebaiknya tidak terlalu lelah dan sebaiknya tidak melakukan hubungan intim sampai plasenta berada pada posisi yang benar karena adanya risiko perdarahan.

Apabila ari-ari masih berada di bawah sampai usia kehamilan anda cukup bulan (37-42 minggu) maka kemungkinan besar dokter anda akan menyarankan operasi caesar untuk prosesi melahirkan. Berkonsultasilah ke dokter anda selalu dan lakukan pemeriksaan rutin USG untuk mengobservasi kondisi ini. Anda dapat membaca lebih lanjut mengenai Plasenta Previa melalui URL link :

http://www.klikdokter.com/illness/detail/128

Ibu dapat membaca informasi kehamilan dari minggu ke minggu beserta tipsnya di Kalender Kehamilan kami yaitu :

http://www.klikdokter.com/widget_pregnancy_info.php

 Sekian, semoga membantu. (TRH)

Terima kasih.

(Tim Redaksi Klikdokter)



 
Artikel Terkait
Artikel Terkait

JOIN MILIS

Masukkan e-mail untuk mendapatkan informasi terbaru dari klikdokter

Konsil Kedokteran Indonesia Departemen Kesehatan ILUNI FKGUI ILUNI FKUI Ikatan Dokter Indonesia Fiaksi Indonesia
Must Read close
Nyeri perut bawah dan produk perawatan
Kandungan terlalu besar?
Kerak topi