klikdokter.com
Jumat, 18 April 2014
Login | Register

Mata anak terus berair

Pagi dok..Saya punya anak baru berumur 5 bulan, keluhan saya mata anak saya keluar air mata terus yang sebelah kiri, juga sering mengeluarkan kotoran Apakah ini penyakit berbahaya? Bagaimana cara mengatasinya? Ini terjadi sejak dia lahir. Mohon informasinya terima kasih(perempuan, 26 thn,156 cm,44 Kg)



Ibu/saudari yang terhormat,

Terimakasih atas kepercayaannya. Kami dapat memahami kekhawatiran Anda saat ini.

Berdasarkan cerita Anda, kami menduga anak Anda mengalami suatu keadaan yang disebut epiphora, dimana mata terus berair akibat air mata yang keluar berlebihan.

Berkat adanya sistem lakrimal, kedua mata kita mata dipertahankan untuk selalu basah, tetapi bagaimana bila mata menjadi terlalu basah sehingga tidak henti-hentinya mengeluarkan air mata?

Sistem lakrimal terdiri atas kelenjar lakrimal dan saluran lakrimal. Kelenjar lakrimal terletak di antara alis dan sudut mata bagian luar, sedangkan saluran lakrimal ditemukan di sudut mata dalam dekat hidung.

Gambar. Sistem lakrimal

Pada keadaan tertentu, saluran lakrimal dapat tersumbat dan terjadi malfungsi sistem lakrimal yang membuat mata menjadi terus berair, merah membengkak, nyeri bahkan terkena infeksi. Beberapa keadaan tersebut adalah:

  1. Terbentuk mukus (lendir) pada saluran lakrimal saat perkembangan janin dalam kandungan hingga lahir
  2. Kelainan pertumbuhan bulu mata
  3. Kotoran mata yang menebal akibat infeksi
  4. Pajanan alergen terus-menerus yang dapat mengiritasi mata
  5. Pajanan lingkungan seperti debu, bahan kimia, rokok, polusi
  6. Kelainan mata lain yang dapat menyebabkan sumbatan saluran lakrimal

Bagaimanapun, yang Kami utarakan di atas hanyalah dugaan. Epiphora juga dapat terjadi pada 5-6% anak. Namun 60-90% nya dapat sembuh spontan dalam satu tahun kehidupan. Saat ini anak Anda masih berusia 5 bulan. Kami sarankan sebaiknya Anda segera memeriksakan anak Anda ke dokter spesialis mata untuk tatalaksana yang lebih optimal. Sementara itu, cobalah melakukan pijatan  di dekat mata anak Anda sebelah dalam hingga hidung sesuai letak saluran lakrimal. Pijatan dilakukan sesering mungkin setiap harinya untuk melepaskan sumbatan lakrimal sedikit demi sedikit. Anda mengatakan bahwa saat ini mata anak Anda seringkali mengeluarkan kotoran. Bersihkan kotoran mata tersebut menggunakan kain yang telah dibasahi air hangat secara berkala. Dokter mungkin akan meresepkan antibiotik dan antiradang tetes sesuai indikasi. Apabila setelah dilakukan pijatan sumbatan menetap hingga anak berusia 12-18 bulan, perlu dilakukan tindakan yang lebih invasif menggunakan selang logam untuk mendorong sumbatan, atau dengan implan saluran air mata buatan yang disebut “Jonas tube”.

Demikian penjelasan Kami. Semoga dapat membantu. (SO)

Terimakasih,

(Tim Redaksi Klikdokter)



 



Live Chat

JOIN MILIS

Masukkan e-mail untuk mendapatkan informasi terbaru dari klikdokter