klikdokter.com
Minggu, 31 Agustus 2014
<

Operasi mengembalikan keperawanan

Sy ingin bertanya 1. Bagaimana caranya untuk membuat selaput dara sempit dan bisa mengeluarkan darah kembali? 2. Sy dengar-dengar ada operasi untuk menyempitan selaput dara, apakah ada efek sampingnya? Sebelumnya sy ucapkan terima kasih. ( perempuan, 27 thn,150 cm,50 Kg)



Ibu / saudari yang terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan ekonsultasi klikdokter. Selaput dara atau di dalam dunia medis dikenal dengan nama hymen adalah selaput membran mukosa yang berada di depan liang vagina. Pada wanita muda, hymen cenderung tipis sehingga mudah robek. Robekan dapat disebabkan karena hubungan seksual atau non-seksual (berolahraga, berkuda, bersepeda, senam).

Hymen berdasarkan kultural setempat merupakan tanda keperawanan, padahal pengertian 'tidak perawan' adalah pernah melakukan hubungan seksual dengan lawan jenis, tidak peduli apakah selaput daranya sobek atau tidak.

Saat ini memang ada operasi untuk mengembalikan hymen ke bentuk semula. Bukan menyempitkan hymen namun membuat lapisan hymen utuh seperti semula. Operasi ini disebut dengan hymenoplasty yang terbagi atas 2 :

  1. Simple hymenoplasty yaitu bila selaput dara masih ada yang tersisa, dilakukan penjahitan sehingga selaput dara kembali ke bentuk semula
  2. Alloplant dimana tidak ada sisa selaput dara sama sekali dan dilakukan pemasangan selaput dara buatan

Namun memang perlu dipahami bahwa operasi ini tidak mengembalikan keperawanan karena pengertian dari keperawanan seperti yang sudah disebutkan diatas. Operasi ini dapat dilakukan di rumah sakit besar atau pusat pendidikan. Efek samping sama seperti operasi lainnya berupa infeksi, perdarahan, dan alergi obat. Sekian, semoga membantu. (TRH)

Terima kasih.

(TIm Redaksi Klikdokter)

 



 
Artikel Terkait
Artikel Terkait

JOIN MILIS

Masukkan e-mail untuk mendapatkan informasi terbaru dari klikdokter

Konsil Kedokteran Indonesia Departemen Kesehatan ILUNI FKGUI ILUNI FKUI Ikatan Dokter Indonesia Fiaksi Indonesia
Must Read close
Tentang Hipertensi
Shock absorber
Golongan darah anak