klikdokter.com
Jumat, 29 Agustus 2014
<

Rasa tidak nyaman dada kiri

Di bawah dada saya sebelah kiri sering muncul rasa kurang nyaman (seperti ada tekanan). Perasaan ini muncul apabila saya habis merokok. Saya sudah melakukan rekam jantung dan hasilnya normal. Mohon informasi atas gejala tersebut.( laki-laki, 45 thn,167 cm,73 Kg)



Bapak / saudara yang terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan ekonsultasi klikdokter. Keluhan yang anda kemukakan dapat berasal dari organ paru-paru, jantung, atau pencernaan. Sebaiknya dilakukan pemeriksaan lengkap terhadap ketiga organ tersebut mengingat usia anda yang sudah 45 tahun.

Sebenarnya ada beberapa gejala yang dapat mengarahkan lebih  spesifik penyebab dari keluhan anda. Sayang sekali anda tidak menjabarkan secara lengkap riwayat penyakit anda, seperti :

  • sejak kapan terjadinya?
  • anda merokok sejak kapan, berapa banyak sehari?
  • apakah ada penyakit lain seperti tekanan darah tinggi, diabetes, kolesterol, flek paru?
  • apakah ada keluhan sesak napas, nyeri dada ketika beraktivitas?
  • apakah ada keluhan cepat lelah sat beraktivitas?
  • apakah rasa tidak nyaman tersebut menjalar ke bahu, lengan kiri, atau menembus ke punggung?
  • apakah rasa tidak nyaman ini berhubungan juga dengan makanan (sebelum, sesudah makan, saat lapar)?
  • apakah anda sudah mengonsumsi obat-obatan untuk mengurangi gejala? dan apabila sudah apa jenis obatnya dan apakah ada perbaikan?

Dengan minimnya data yang anda berikan maka yang dapat kami analisis adalah bahwa gejala ini dapat berasal dari ketiga organ yang saya sebutkan diatas. Rekam jantung saja tidak cukup untuk membuktikan bahwa anda bebas dari penyakit jantung. Sebaiknya dilakukan pemeriksaan lengkap berupa pemeriksaan laboratorium dan roentgen dada. Pemeriksaan lanjutan akan dianjurkan berdasarkan pemeriksaan dasar.

Selain data riwayat, diperlukan juga pemeriksaan fisik menyeluruh untuk mengetahui apakah ada keluhan pada tubuh anda. Saya sarankan anda berkonsultasi ke dokter spesialis penyakit dalam untuk evaluasi lebih lanjut. Sekian, semoga membantu. (TRH)

Terima kasih.

(Tim Redaksi Klikdokter)



 
Artikel Terkait
Artikel Terkait

JOIN MILIS

Masukkan e-mail untuk mendapatkan informasi terbaru dari klikdokter

Konsil Kedokteran Indonesia Departemen Kesehatan ILUNI FKGUI ILUNI FKUI Ikatan Dokter Indonesia Fiaksi Indonesia
Must Read close
Siklus Menstruasi dan Masa Subur
Menonton tivi, baik untuk anak?
Gigi rapuh