klikdokter.com
Jumat, 25 Juli 2014

Badan gatal saat hamil

Siang Dok.... mo nanya nich. adik saya sekarang sedang hamil 10 minggu. hamil anak pertama. kenapa ya dok kok seluruh badannya gatal2 seperti berkudis. kalau sudah mulai kering, seperti panu. hanya wajahnya saja yang tidak gatal2. sudah pernah ke dokter umu, katanya "ga apa2". maaf dok, di kota saya tidak ada dokter kulit. apa sebabnya ya dok dan apa obatnya. tq( perempuan, 27 thn,165 cm,51 Kg)



Ibu/Saudari yang terhomat,

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter. Gatal-gatal pada kulit saat hamil merupakan hal yang umum terjadi, hal ini dapat disebabkan oleh meningkatnya suplai darah (sirkulasi) ke kulit, perubahan hormonal, ataupun peregangan kulit. Yang perlu diperhatikan adalah apabila gatal-gatal disertai munculnya bentol-bentol pada kulit. Jika disertai bentol, terdapat beberapa kemungkinan diagnosis yang perlu ditelusuri lebih lanjut oleh dokter, karena bisa merupakan keadaan yang abnormal. Umumnya keadaan ini muncul mendekati trimester/triwulan akhir.

Pada trimester akhir, gatal-gatal yang dirasakan memang bisa lebih hebat karena regangan kulit yang makin meningkat, namun jika gatal yang terjadi hebat dan terjadi pada seluruh tubuh, apalagi jika disertai gejala kuning pada kulit atau mata, bisa saja gatal tersebut disebabkan oleh gangguan hati yang terjadi pada kehamilan. Walaupun biasanya baru muncul pada trimester ke-dua atau ke-tiga, pada beberapa oranggejala gatal juga dapat mulai muncul sejak triwulan pertama. Gatal dirasa ldi seluruh tubuh, dan dirasa lebih hebat saat malam hari. Selain gatal dapat juga muncul gejala kuning pada tubuh Ibu. Kelainan hati pada saat kehamilan ini umumnya tidak akan terlalu mempengaruhi ibu yang hamil tapi berefek buruk pada janin yang dikandungnya. Untuk mendeteksi apakah memang terjadi kelainan pada hati, dapat dilakukan pemeriksaan fungsi hati secara sederhana di laboratorium, termasuk kadar asam empedu dalam darah. Jika normal, berarti gatal-gatal yang dirasa merupakan gejala normal.

Jika gatal disertai kelainan pada kulit berupa merah-merah atau berair, ada juga kemungkinan infeksi oleh jamur. Untuk mendapatkan diagnosis pasti dapat dilakukan pemeriksaan dengan mikroskop. Pemeriksaan ini dapat dilakukan oleh dokter umum, tidak harus dengan dokter kulit.

Untuk saat ini, ada beberapa hal yang dapat Ibu lakukan untuk mengatasi rasa gatal tersebut. Langkah-langkah yang dapat dilakukan adalah:

  • Hindari mandi menggunakan air panas yang dapat menyebabkan kulit kering dan gatal bertambah
  • Gunakan pelembab (yang tidak ditambahkan wewangian)
  • Gunakan pakaian yang lebih tipis dan jangan keluar di tenah panas matahari, karena panas dan keringat dapat menyebabkan gatal menghebat.
  • Jangan menggaruk daerah yang gatal
  • Oleskan baby oil pada daerah-daerah yan gatal. Kulit kering merupakan salah satu faktor risiko gatal.
  • Jika perlu dapat dioleskan losio calamine (yang dengan tambahan minyak, bukan yang biasa) untuk mengatasi gatal.
  • Jika belum teratasi juga, Ibu dapat mengkonsumsi obat oral antihistamin untuk meredakan gatal.

Ibu tidak perlu khawatir, karena biasanya gatal-gatal tersebut normal pda Ibu yang hamil.  Namun, jika cara-cara di atas tidak membantu, atau gatal disertai kelainan kulit seperti merah-merah, ada baiknya Ibu berkonsultasi kembali ke dokter Ibu, untuk dilakukan pemeriksaan lanjutan sesuai indikasi, termasuk pemeriksaan fungsi hati seperti yang sudah saya sebutkan di atas.

Demikian penjelasan yang dapat saya berikan. Semoga membantu. (PNA)

Terimakasih.

 

(Tim Redaksi Klikdokter)

 



 
Artikel Terkait
Artikel Terkait

JOIN MILIS

Masukkan e-mail untuk mendapatkan informasi terbaru dari klikdokter

Konsil Kedokteran Indonesia Departemen Kesehatan ILUNI FKGUI ILUNI FKUI Ikatan Dokter Indonesia Fiaksi Indonesia
Must Read close
Perhitungan Masa Subur
Hiperprolaktinemia: Tumor di Otak?
Tinitus