klikdokter.com
Selasa, 29 Juli 2014

Pusing setelah makan

malam dok, kepala saya kok sering pusing, kenapa ya dok. saya punya sakit maag, kalau sedang belum makan dalam waktu lama dan makan setelah itu saya pusing kenapa yah. saya orang yang susah makan apakah ada vitamin yang bisa menyeimbangkan pola makan saya, terima kasih( laki-laki, 29 thn,165 cm,50 Kg)



Bapak/saudara yang terhormat, 

Terimakasih atas kepercayaan yang anda berikan kepada klikdokter. Saya dapat memahami kekhawatiran anda saat ini.  Sebelum menjawab pertanyaan anda, terdapat beberapa hal yang harus dikonfirmasi terlebih dahulu:

  1. Sejak kapan anda merasakan keluhan pusing tersebut?
  2. Seperti apakah keluhan pusing yang anda rasakan? (contoh: ditekan benda berat, seperti kepala sedang diikat, ditusuk-tusuk, nyeri kepala sebelah, berputar-putar, berdenyut, dsb)
  3. Berapa lamakah anda merasakan keluhan tersebut? Apakah sepanjang hari atau hanya beberapa saat setelah anda makan?
  4. Apakah terdapat pemicu pusing selain pola makan anda? (contoh: alergi makanan)
  5. Apakah terdapat posisi atau keadaan tertentu yang dapat meringankan keluhan pusing anda?
  6. Apakah pekerjaan/aktivitas anda sehari-hari? 
  7. Apakah anda memiliki riwayat benturan pada kepala?

Terkait riwayat maag anda, juga perlu dikonfirmasi kembali mengenai kebenaran diagnosisnya:

  1. Sejak kapan anda menderita sakit maag?
  2. Apakah anda sering menunda jam makan anda/pola makan tidak teratur?
  3. Apakah anda memiliki keluhan mual/muntah, nyeri pada ulu hati/perut bagian kiri, perut begah/kembung yang membaik setelah makan? 

Berdasarkan penjelasan yang anda berikan, saya masih belum dapat menyimpulkan penyebab pasti dari keluhan pusing yang anda rasakan. Diperlukan evaluasi lebih lanjut untuk memastikan penyebabnya. Namun hal ini sangat mungkin terkait dengan pola makan anda, mengingat keluhan pusing tersebut timbul saat anda terlambat makan dan bertahan hingga anda selesai makan.

Sakit kepala yang timbul setelah makan dapat terjadi secara rutin. Penyebabnya antara lain adalah alergi makanan tertentu, terlalu banyak makan, dan kondisi gula darah yang tinggi. Bahan tambahan pada makanan tertentu juga dapat menjadi penyebab timbulnya keluhan pusing anda, seperti nitrat, tiramin, kafein, bahan pengawet, pewarna, MSG, dsb. 

Sayang sekali informasi yang anda berikan masih terbatas sehingga berbagai kemungkinan tersebut di atas belum dapat disingkirkan. Namun saya menduga penyebabnya mungkin terkait dengan kadar gula darah anda saat itu. Pola makan tinggi karbohidrat menyebabkan pengeluaran hormon insulin berlebih untuk mengolahnya dan menimbulkan kondisi hipoglikemia (kadar gula darah rendah).

Bagaimanapun ini hanya sebatas dugaan, saya sarankan sebaiknya anda segera mengunjungi dokter umum/dokter keluarga anda. Anda juga dapat berobat ke dokter spesialis penyakit dalam atau spesialis saraf untuk memastikan penyebab keluhan yang anda rasakan. Dokter mungkin akan menyarankan anda melakukan pemeriksaan kadar gula darah setelah makan saat anda merasakan keluhan pusing tersebut. 

Untuk keluhan susah makan anda, anda dapat mengonsumsi multivitamin terutama yang mengandung vitamin B kompleks atau kurkumin untuk membantu menambah nafsu makan anda. Sebaiknya anda menghindari bahan makanan yang mengandung zat-zat tersebut di atas serta mulai mengonsumsi makanan yang tinggi karbohidrat dan rendah protein. Hal yang terpenting adalah mengusahakan agar tercapai pola makan dan pola hidup yang teratur. Diharapkan dengan pola hidup dan makan yang teratur keluhan yang anda rasakan dapat berkurang.  

Lebih lanjut mengenai sakit kepala dapat anda baca dengan mengakses URL Link berikut:

Sakit kepala (headache)

Demikian penjelasan yang dapat saya berikan. Semoga dapat dipahami. (SO) 

Terimakasih, 

(Tim redaksi klikdokter)



 
Artikel Terkait
Artikel Terkait

JOIN MILIS

Masukkan e-mail untuk mendapatkan informasi terbaru dari klikdokter

Konsil Kedokteran Indonesia Departemen Kesehatan ILUNI FKGUI ILUNI FKUI Ikatan Dokter Indonesia Fiaksi Indonesia
Must Read close
Agar anak dapat tidur sendiri
Siklus haid berubah: hamilkah?
Terapi setelah operasi "shunt"?