klikdokter.com
Kamis, 18 September 2014
<

Laksatif, efek samping?

saya punya masalah sulit BAB, kl pun saya makan jeruk atau pisang sepertinya tidak maksimal krn masih merasa perut saya penuh dengan makanan. kemudian saya coba konsumsi laxing, bab jd lebih mudah. yg saya tanyakan apakah ada efek samping yg tidak baik dr laxing yang saya konsumsi terhadap tubuh saya ? dan apakah pengaruhnya krn saat ini saya dalam program ingin hamil ? terima kasih( perempuan, 24 thn,158 cm,54 Kg)



Ibu / saudari yang terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan ekonsultasi klikdokter. Lactulose yang anda maksud termasuk ke dalam golongan laksatif atau obat yang diindikasikan untuk konstipasi kronik (sulit bab dalam jangka waktu > 3 bulan) atau ensefalopati portal. Obat ini hanya digunakan atas indikasi diatas dan sebaiknya atas pengawasan dokter.

Efek samping dari pemakaian laksatif terus menerus adalah gangguan saluran pencernaan, diare, kehausan, dan keram pada perut. Obat ini termasuk dalam Kategori B yaitu belum ada studi pada wanita hamil mengenai efek samping dari obat ini. Apabila anda ingin merencanakan untuk hamil, maka sebaiknya menghindari jenis obat-obatan (jenis apapun). Obat merupakan bahan kimia dan sebaiknya tidak dikonsumsi terus menerus.

Apabila bab anda sulit maka saya sarankan untuk menambah jumlah air yang anda minum yaitu  minimal 8 gelas sehari (2 gelas saat bangun pagi, 4 gelas sepanjang hari, 2 gelas saat akan tidur), perbanyak sayuran yang mengandung serat serta buah-buahan (pepaya). Pisang justru semakin membuat massa bab anda keras. Pergunakan cara alami untuk memperlancar bab dibandingkan harus minum obat.

BAB tidak harus sekali sehari, dapat 2-3 kali seminggu. Anda tidak usah memaksakan harus bab setiap hari. Yang perlu dijalani adalah merubah pola hidup menjadi lebih sehat, lebih banyak serat, dan lebih banyak cairan. Sekian, semoga membantu. (TRH)

Terima kasih.

(Tim Redaksi Klikdokter)



 
Artikel Terkait
Artikel Terkait

JOIN MILIS

Masukkan e-mail untuk mendapatkan informasi terbaru dari klikdokter

Konsil Kedokteran Indonesia Departemen Kesehatan ILUNI FKGUI ILUNI FKUI Ikatan Dokter Indonesia Fiaksi Indonesia
Must Read close
Neurofibroma
Gangguan mata karena lensa normal ?
Bintik-bintik putih di kepala penis