klikdokter.com
Kamis, 28 Agustus 2014
<

Benjolan putih di mata, berbahaya?

Salam Sehat Dok, Langsung saja saya tanyakan ya. Di mata saya ada timbul benjolan putih yang kecil semula saya tidak menyadarinya. saya baru tau setelah mata saya di perhatikan oleh kakak saya. Dia bilang mata kamu kenapa ya koq ada benjolannya. Setelah saya lihat di cermin ternyata benar di mata saya ada benjolannya. Setelah melihat saya jadi takut. Memang seh saya sering merasa mata kiri saya sering seperti kotor dan keluar air terus. Tapi tidak pernah saya obati. Dan tidak pernah juga saya perhatikan. Esok harinya saya periksakan mata saya ke dokter mata kata dokternya mata saya terlalu sering terkena sinar matahari dan debu. Memang seh karena saya bekerja 70% di luar ruangan. Naik sepeda motor. Yang membuat saya takut adalah pada saat dokternya mengatakan bahwa benjolan itu tidak bisa hilang dengan sendirinya. Harus dengan operasi. Saya jadi ngeri dok. Apakah benar sakit mata saya separah itu. Saya lupa mencatat istilah kedokteran penyakit mata saya yang di sebutkan oleh dokter tsb. Yang ingin saya tanyakan adalah apakah benar pernyataan dokter tersebut? pada saat pengelihatan saya di tes mata saya normal. Obat mata yang diberikan ke saya adalah CENFRESH. Saya harapkan penjelasan yang dapat di mengerti. Atas bantuannya saya ucapkan banyak terima kasih.( perempuan, 24 thn,155 cm,50 Kg)



Ibu / saudari yang terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan ekonsultasi klikdokter. Keluhaan yang anda rasakan kemungkinan adalah Pterigium, pseudopterigium, atau Pinguekula. Pinguekula adalan benjolan pada konjungtiva bulbi dan umum terjadi pada orangtua. Pseudopterigium adalah perlekatan konjungtiva dengan kornea yang cacat dan sering terjadi pada proses penyembuhan luka pada kornea.

Pterigium adalah pertumbuhan fibrovaskular (lapisan serabut dan pembuluh darah) konjungtiva (lapisan putih di mata) yang bersifat degeneratif dan invasif. Pterigium berbentuk segitiga dengan puncak di bagian sentral. Diduga keluhan ini disebabkan karena iritasi kronis akibat debu, sinar matahari, dan udara yang panas. Penyebabnya tidak diketahui dengan jelas namun diduga merupakan suatu radang dan degenerasi (proses menua). Kemungkinan besar anda mengalami pterigium.

Pengobatan tidak diperlukan karena umumnya sering kambuh pada pasien yang masih muda. Tetes mata yang diberikan untuk anda ditujukan untuk meredakan pterigium bila ia meradang. Untuk mengambil atau menghilangkannya adalah dengan operasi atau pembedahan. Namun umumnya hal ini dilakukan apabila pterigium menyebabkan terjadinya gangguan penglihatan.

Anda tidak perlu terlalu khawatir karena pterigium tidak mengancam nyawa. Apabila anda tidak mau dioperasi maka untuk mencegah pterigium sering meradang dan kambuh atau menjadi besar, lindungilah mata anda dari sinar matahari, debu, dan udara kering dengan menggunakan kacamata pelindung. Sekian, semoga membantu. (TRH)

Terima kasih.

(Tim Redaksi Klikdokter)

 



 
Artikel Terkait
Artikel Terkait

JOIN MILIS

Masukkan e-mail untuk mendapatkan informasi terbaru dari klikdokter

Konsil Kedokteran Indonesia Departemen Kesehatan ILUNI FKGUI ILUNI FKUI Ikatan Dokter Indonesia Fiaksi Indonesia
Must Read close
Perkembangan psikososial remaja
Proses pubertas
Twenty-nail Dystrophy