klikdokter.com
Kamis, 31 Juli 2014

Radang tenggorokan

Apa penyebab radang tenggorokan, dan untuk memilih obat tanpa harus resep dokter jenisnya apa untuk dikonsumsi berapa hari. selain itu obat penunjangnya apa. trima kasih Dokter.( laki-laki, 33 thn,165 cm,75 Kg)



Bapak / saudara yang terhormat,

Radang tenggorokan di dalam dunia medis dikenal dengan Faringitis Akut. Faringitis akut adalah peradangan pada tenggorokan karena berbagai sebab. Penyebabnya antara lain adalah :

  • kebanyakan kasus disebabkan oleh virus (40-60%)
  • infeksi bakteri
  • jamur
  • merokok
  • alergi
  • polusi udara

Terapi atau pengobatan yang diberikan tergantung dari penyebabnya. Pengobatan terbagi 2 yaitu nonmedikamentosa dan medikamentosa. Untuk nonmedikamentosa, adalah banyak minum minuman hangat dan mengurangi minum minuman dingin karena dapat merangsang terjadinya iritasi, mengurangi atau menghentikan merokok, dan mengurangi makanan yang dapat mengiritasi tenggorokan seperti makanan berminyak dan makanan pedas.

Untuk medikamentosa, secara umum obat yang diberikan adalah untuk mengurangi keluhan yang terjadi yaitu analgetik atau antinyeri seperti parasetamol 3 x 500 mg dan antiradang seperti asam mefenamat 3 x 500 mg. Penggunaan antibiotik diberikan apabila penyebabnya adalah infeksi bakteri, obat jamur juga diberikan apabila penyebabnya adalah jamur. Konsumsi obat-obat yang saya sebutkan diatas hanya bila keluhan masih ada, bila keluhan sudah menghilang maka tidap perlu diminum lagi. Penggunaan antibiotik maupun antijamur HARUS DIBAWAH PENGAWASAN DOKTER.

Sekian, semoga membantu. (TRH)

Terima kasih.

(Tim Redaksi Klikdokter)

 

 

 



 
Artikel Terkait
Artikel Terkait

JOIN MILIS

Masukkan e-mail untuk mendapatkan informasi terbaru dari klikdokter

Konsil Kedokteran Indonesia Departemen Kesehatan ILUNI FKGUI ILUNI FKUI Ikatan Dokter Indonesia Fiaksi Indonesia
Must Read close
Menghindari ketergantungan obat kulit
Asupan makanan persiapan kehamilan
Nyeri perut dan diare (2)