klikdokter.com
Minggu, 21 September 2014
<

Bersin di malam hari

Begini dok, tiap malam saya sering bersin2 tp kondisi saya pada saat beraktifitas sehat2 saja. Mau tidur saja tptny tengah malam bersin tiba2. Kamar saya pun tdk bnyk debu. Itu knp ya dok? Trs harus minum obat apa masalahnya saja juga punya asma. Terima kasih( perempuan, 16 thn,150 cm,46 Kg)



Ibu / saudari yang terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan ekonsultasi klikdokter. Bersin-bersin di malam hari atau ketika terpajan udara dingin dapat merupakan gejala dari Rinitis Alergi. Rhinitis alergi adalah penyakit peradangan yang disebabkan oleh reaksi alergi pada pasien-pasien yang memiliki atopi (riwayat keturunan alergi), yang sebelumnya sudah tersensitisasi atau terpapar dengan allergen (zat/materi yang menyebabkan timbulnya alergi) yang sama serta meliputi mekanisme pelepasan mediator kimia ketika terjadi paparan ulangan dengan allergen yang serupa  (Von Pirquet, 1986).

Gejala klinis yang khas adalah terdapatnya serangan bersin yang berulang-ulang terutama pada pagi hari, malam hari, terkena pajanan dingin atau debu. Sebenarnya bersin adalah mekanisme normal dari hidung untuk membersihkan diri dari benda asing, tetapi jika bersin sudah lebih dari lima kali dalam satu kali serangan maka dapat diduga ini adalah gejala rhinitis alergi. Gejala lainnya adalah keluar ingus (rinore) yang encer dan banyak.  Hidung tersumbat, mata gatal dan kadang-kadang disertai dengan keluarnya air mata.

Hal in juga ditunjang dari terdapatnya riwayat atopi pada anda sendiri yaitu asma. Rinitis alergi dikategorikan berat apabila gejala tersebut mengganggu tidur ataupun aktivitas sehari-hari.

Terapi yang dilakukan adalah :

  • Terapi yang paling ideal adalah dengan menghindari kontak dengan allergen penyebab, dalam kasus anda berarti udara dingin di malam hari. Anda dapat menggunakan baju hangat ketika tidur, jangan menggunakan kipas angin/AC, memakai selimut untuk tidur
  • Pengobatan, penggunaan obat antihistamin H-1 adalah obat yang sering dipakai sebagai lini pertama pengobatan rhinitis alergi atau dengan kombinasi dekongestan oral. Obat Kortikosteroid dipilih jika gejala utama sumbatan hidung akibat repon fase lambat tidak berhasil diatasi oleh obat lain

Anda dapat membaca lebih lanjut mengenai rinitis alergi di :

http://www.klikdokter.com/illness/detail/66

Sekian, semoga membantu. (TRH)

Terima kasih.

(Tim Redaksi Klikdokter)



 
Artikel Terkait

Artikel Terkait

JOIN MILIS

Masukkan e-mail untuk mendapatkan informasi terbaru dari klikdokter

Konsil Kedokteran Indonesia Departemen Kesehatan ILUNI FKGUI ILUNI FKUI Ikatan Dokter Indonesia Fiaksi Indonesia
Must Read close
Posisi sungsang?
Fertil dan dalfarol untuk kesuburan?
Hubungan efusi pleura dengan TBC