klikdokter.com
Rabu, 03 September 2014
<

Hasil "test pack" berubah?

dok, saya tes dengan testpack sensitif hasilnya positif pada tgl 9 januari, tapi dua hari setelah itu hari Minggu pagi jam setengah 5 saya tes lagi kok hasilnya negatif? apa saya keguguran? tp pinggang saya masih pegal dan perut masih ngenyut, mual cepat capek juga. Tolong ya dok saya harus gimana terimakasih( perempuan, 28 thn,155 cm,85 Kg)



Ibu / saudari yang terhormat,

Terimakasih atas kepercayaannya. Saya dapat memahami perasaan anda saat ini. Sebelum menjawab pertanyaan anda, saya akan menjelaskan sedikit mengenai test pack.

Test pack adalah suatu alat deteksi kehamilan yang didasarkan atas kadar hormon B-HCG yang dihasilkan ketika seorang wanita hamil. Hormon ini terdeteksi pada 5% wanita sejak 8 hari setelah sel sperma membuahi sel telur, atau sekitar 1 minggu sebelum periode menstruasi berikutnya.

Semakin bertambah usia kehamilan, hormon B-HCG yang dihasilkan semakin banyak, sehingga kemungkinan didapatkannya hasil positif dengan test pack juga semakin besar. Pada usia kehamilan 3 minggu kadar B-HCG sudah mencapai 18-7340 IU/L, dengan demikian kemungkinan hasil positif yang didapatkan semakin besar.

Namun hormon B-HCG ternyata tidak hanya dihasilkan oleh wanita saat hamil. Laki-laki juga menghasilkan hormon yang sama ketika menderita tumor tertentu pada buah zakarnya. Selain itu, masih terdapat beberapa keadaan lain yang dapat menunjukkan hasil positif pada test pack selain kehamilan (positif palsu), antara lain:

1. Hamil kimia
Banyak kasus kehamilan yang tidak diketahui mengalami keguguran yang disangka haid. Test pack yang dilakukan sebelum terlambat haid menunjukkan hasil positif, ternyata haid tetap keluar seperti biasa jumlahnya beserta jaringan hasil pembuahan.

2. Waktu pemeriksaan
Tes kehamilan yang dilakukan di luar standar yang ditentukan
akan membuat tes menjadi positif, misal: terlalu lama.

3. Pengaruh obat atau bahan kimia. Obat-obatan tertentu dapat membuat tes menjadi positif seperti:

- pemakaian HCG untuk terapi kesuburan dan diet

- Obat diuretik dan obat anti Parkinson

- Bahan kimia atau sabun yang terkontaminasi pada urin 

- Vitamin C dosis tinggi juga dikatakan bisa mempengaruhi hasil tes

4. Adanya tumor dalam tubuh yang menghasilkan HCG seperti tumor jaringan plasenta (trofoblastik), tumor indung telur yang menghasilkan HCG dll.

Mengingat banyaknya faktor yang menyebabkan, perlu dilakukan evaluasi lebih lanjut untuk memastikan penyebabnya.

"Apakah sebelum/saat pemeriksan kedua dilakukan anda mengalami perdarahan seperti haid?"

Beberapa keluhan yang anda rasakan memang termasuk diantaranya tanda kehamilan yang tidak pasti. Meskipun masih terdapat kondisi lain yang dapat menyebabkan keluhan serupa, kemungkinan adanya kehamilan sebelumnya masih belum dapat disingkirkan.

Demikian penjelasan yang dapat saya berikan. Semoga bermanfaat. (SO)

Terimakasih,

(Tim Redaksi Klikdokter)



 
Artikel Terkait
Artikel Terkait

JOIN MILIS

Masukkan e-mail untuk mendapatkan informasi terbaru dari klikdokter

Konsil Kedokteran Indonesia Departemen Kesehatan ILUNI FKGUI ILUNI FKUI Ikatan Dokter Indonesia Fiaksi Indonesia
Must Read close
Gatal di kemaluan (2)
Anak menangis setiap ingin BAB
Gangguan Buang Air Besar