klikdokter.com
Rabu, 01 Oktober 2014
<

Gigi bisa ditambal ?

Sakit pada gigi Dear Dokter, Anak saya umur 4.5 th dan sekarang gigi geraham bagian paling belakangnya ada yang berlubang. pada geraham kanan bawah sudah saya tambal dan pada geraham kiri, gigi tidak bisa di tambal karena mahkotanya sudah hilang dan gusinya membengkak. Sedangkan pada geraham atas kiri belum di tambal oleh dokternya. Kata dokter yang menangani anak saya gigi yang sakit harus di matikan akarnya agar sakitnya tidak kambuh. Apakah akan ada efek samping dari itu? Apakah setelah itu gusi tidak akan bengkak lagi? Mohon Penjelasan. Selain itu apakah gigi bagian atasnya bisa di tambal? Terima Kasih. ( perempuan, 4 thn,95 cm,14 Kg)



Ibu yang terhormat,

Jika karies sudah mencapai rongga pulpa yang berisi jaringan syaraf dan pembuluh darah, apalagi kalau mahkotanya sudah rusak total dan gusi sudah bengkak, maka sudah tidak bisa ditambal seperti biasa.

Jadi saya sependapat bahwa gigi tersebut harus dirawat saluran akar terlebih dulu, di mana saluran akar dibersihkan dari jaringan mati dan bakteri-bakteri. Jika tidak dilakukan malah justru akan merugikan karena infeksi terus berlangsung dan bukan tidak mungkin malah mempengaruhi benih gigi tetap di bawahnya yang sedang tumbuh dan

Oleh karena itu perawatan saluran akar membutuhkan lebih dari satu kali kunjungan, karena infeksi di gigi dan saluran akar harus disembuhkan dulu, baru nanti dilakukan restorasi yaitu memperbaiki mahkota gigi agar dapat berfungsi kembali.

Bila perawatan berhasil, gusi yang bengkak akan sembuh seperti semula. Saya kira gigi atas tetap bisa ditambal, selama karies gigi tersebut masih belum mencapai rongga pulpa.

Saya sangat mendukung tindakan Ibu yang memeriksakan dan merawat gigi anak Ibu yang masih berusia 4 tahun. Gigi memang harus dirawat sedini mungkin, dan dengan membiasakan anak ke dokter gigi walaupun hanya sekedar untuk periksa maka diharapkan anak tidak akan takut ke dokter gigi bila nanti sudah besar.

Demikian penjelasan saya, terima kasih telah memanfaatkan layanan konsultasi klikdokter.

Drg. Martha Mozartha



 
Artikel Terkait
Artikel Terkait

JOIN MILIS

Masukkan e-mail untuk mendapatkan informasi terbaru dari klikdokter

Konsil Kedokteran Indonesia Departemen Kesehatan ILUNI FKGUI ILUNI FKUI Ikatan Dokter Indonesia Fiaksi Indonesia
Must Read close
Hb rendah setelah melahirkan
Infeksi hepatitis C
Menghilangkan stretch mark