klikdokter.com
Sabtu, 20 September 2014
<

Anak belum bisa makan nasi(2)

Hallo Dok, Anak saya, 16 bulan, laki laki, 12 kg, 80 cm. Sampai saat ini masih belum bisa makan nasi, hanya bisa bubur kasar. "Apakah itu normal?"

anak saya tidak pernah mau mengunyah, selalu menelan apa saja sehingga setiap kali anak saya buang air besar yang dikeluarkan selalu berbentuk seperti apa yang dimakan semula. Frekuensi BAB anak saya setiap hari 2 sampai 3 kali, tidak mencret tetapi apabila anak saya mengonsumsi wortel, maka yang di keluarkan pada saat BAB juga wortel yang berbentuk seperti yang saya berikan, misalnya kotak-kotak kecil.

- "Mengapa demikian dok?"
- "Apakah wortel termasuk makanan yang susah dicerna atau anak saya yang mengalami gangguan usus / pencernaan?"

Saya pernah coba memberikan nasi kepada anak saya, tetapi selalu tersedak dan akhirnya dimuntahkan. Setiap bulan, anak saya pasti ada beberapa hari mogok makan.

- "Mengapa demikian?"
- "Apakah pengaruh perut kembung sehingga anak saya tidak mau makan?"
- "Bagaimana cara mengatasi perut kembung selain dg penggunaan minyak telon?"

Anak saya mengonsumsi susu paling sedikit 5 kali dalam 24 jam sebanyak 200ml. Sebaiknya untuk usia anak saya tersebut, apakah masih perlu diberikan susu pada saat anak saya tidur malam hari? Karena menurut pendapat orang-orang, sebaiknya pada saat anak tidur tidak diberikan susu, karena pada saat tidur lambung anak juga perlu istirahat. "Apakah betul begitu, dok?" Sebelumnya terimakasih atas perhatiannya. (perempuan, 27 tahun, 150 cm, 52 kg)



Ibu / saudari yang terhormat,

Terimakasih atas kesetiaan anda menggunakan layanan e-konsultasi dari klikdokter.

Berdasarkan data yang anda berikan, dapat dikatakan bahwa masalah makan yang dialami oleh anak anda masih termasuk normal. Frekuensi buang air besar 2-3 x sehari juga masih normal.

Akan tetapi sebaiknya anak anda dilatih untuk mulai makan nasi lembek dan belajar mengunyah. Pada awalnya memang terasa sukar karena anak anda akan muntah bila diberi makanan padat. Oleh karena itu dibutuhkan kesabaran anda untuk senantiasa berusaha hingga anak anda mulai terbiasa dengan menu makanannya yang baru.

Masalah makan pada anak 'badut' (bawah dua tahun) adalah memberikan makan dengan waktu seperti bayi (usia kurang dari 1 tahun), yaitu setiap 3 jam.

  1. Sebaiknya susu hanya diberikan pagi dan malam sebelum tidur
  2. Pukul 9-10 pagi berikan buah/jus buah
  3. Siang hari berikan nasi lembek dengan sayur dan daging cincang, dan
  4. Sore hari berikan roti dengan jus buah atau nasi lembek.

Perlu diingat bahwa nafsu makan anak 'badut' (bawah dua tahun) umumnya mulai berkurang, tapi hal itu normal dialami. Cobalah menyiasati pola makan anak anda seperti tertulis di atas. Diharapkan dengan menerapkan tips tersebut, masalah makan anak anda dapat teratasi dengan baik.


Demikian penjelasan saya. Semoga dapat membantu.

Terimakasih,

Dr. Imral Chair, Sp.A (K)



 
Artikel Terkait
Artikel Terkait

JOIN MILIS

Masukkan e-mail untuk mendapatkan informasi terbaru dari klikdokter

Konsil Kedokteran Indonesia Departemen Kesehatan ILUNI FKGUI ILUNI FKUI Ikatan Dokter Indonesia Fiaksi Indonesia
Must Read close
Keguguran harus dikuret?
Usia kehamilan 3 minggu
Sakit kepala sebelah