klikdokter.com
Rabu, 16 April 2014
Login | Register

Keguguran harus dikuret?

pagi dok.saya baru saja mengalami keguguran dan katanya saya harus dikuret.yang saya mau tanya kalau keguguran apa harus dikuret?kalau tidak dikuret apa efeknya?apakah ada cara lain misal pakai obat selain kuret soalnya saya takut?apa benar biaya kuret mahal lebih 1 jt?saya juga belum tanya ke dokter saya.terima kasih ( perempuan, 24 thn,163 cm,56 Kg)



Ibu / saudari yang terhormat,

Terimakasih atas kepercayaan yang anda berikan kepada klikdokter. Saya mengerti anda pasti merasa sangat khawatir saat ini.

Kuret bukanlah suatu tindakan yang tidak berisiko. Bahkan bila dilakukan pada minggu-minggu pertama kehamilan, dapat meningkatkan risiko terjadinya robekan pada dinding rahim. Oleh karena itu harus diketahui terlebih dahulu usia kehamilan anda dan jenis kegugurannya. Kuret hanya dilakukan pada jenis keguguran dimana masih terdapat sisa jaringan janin dalam rahim ibu yang dapat menimbulkan risiko perdarahan dan infeksi. Diantara jenis keguguran tersebut adalah abortus inkomplit dan missed abortion.

Ada / tidaknya sisa jaringan janin dapat dilihat melalui pemeriksaan USG. Mengingat dokter anda sangat menyarankan anda untuk melakukan kuret, saya menduga masih terdapat sisa jaringan janin yang harus dikeluarkan dengan segera. Sebagai alternatif adalah penggunaan obat yang dapat meningkatkan kontraksi otot rahim, namun metoda memiliki tingkat keberhasilan yang lebih rendah.

Saya sarankan sebaiknya anda segera berkonsultasi dengan dokter anda kembali. Diskusikan hal-hal yang menjadi pertimbangan anda, termasuk kekhawatiran dan ketakutan anda. Tampaknya harus ada pengorbanan dalam setiap cobaan. Biaya yang harus anda keluarkan untuk menjalani prosedur kuret memang tidak sedikit (sekitar 1 juta), namun apapun yang disarankan oleh dokter adalah untuk kebaikan anda. Pertimbangkan dengan matang mengenai risiko dan manfaat yang ditimbulkan bila anda tidak menjalani prosedur tersebut. Apakah anda siap mempertaruhkan risiko tersebut  di atas ketakutan anda? Saya akan senantiasa mendoakan yang terbaik untuk anda dan keluarga. (SO)

Terimakasih,

(Tim Redaksi Klikdokter)



 



Live Chat

JOIN MILIS

Masukkan e-mail untuk mendapatkan informasi terbaru dari klikdokter