klikdokter.com
Sabtu, 02 Agustus 2014

Nyeri pada belakang telinga

dok, saya mau tanya selam kurang lebih dua minggu ini, dibawah telinga, ( dibawah pangkal daun telinga, terasa sakit, sedut 2 tapi sakit persisnya dibawah tulang tengkorak yang melindungi telinga, sakitnya terasa malam hari serta pagi hari, atau siang nggak dirasakan gara2 kerja ?, sakitnya cukup mengganggu meskipun tidak sampai menggangu aktivitas kerja? , ini sakit apa dok ? apa darah tinggi ? dan obatnya gimana ? serta mengilangkan apa tidak boleh makan makanan tertentu ?, terima kasih sebelumnya.( laki-laki, 51 thn,168 cm,76 Kg)



Bapak / saudara yang terhormat,

Terimakasih atas kepercayaan anda terhadap klikdokter. Saya mengerti nyeri belakang telinga yang anda alami membuat anda merasa tidak nyaman.

Sebelum menjawab pertanyaan anda, terdapat beberapa hal yang ingin saya konfirmasi:

- Apakah sebelumnya anda pernah mengalami keluhan serupa?

- Adakah keluhan lain yang menyertai, seperti demam, keluar cairan dari telinga, daerah yang nyeri merah

  dan membengkak, gangguan pendengaran, telinga berdenging, dsb?

- Apakah pengobatan yang telah anda lakukan untuk mengurangi nyerinya?

Sayang informasi yang anda berikan masih terbatas, namun saya menduga keluhan nyeri yang anda rasakan pada daerah belakang telinga timbul akibat infeksi atau peradangan tulang mastoid yang terletak pada belakang telinga. Sumber infeksi mencapai tulang mastoid melalui telinga tengah sehingga tidak jarang juga disertai infeksi telinga tengah (otitis media).

Tidak ada pantangan untuk jenis makanan tertentu, yang terpenting adalah dengan pengobatan antibiotik sesuai kuman penyebab yang dilakukan dalam pengawasan dokter yang kompeten. Saya sarankan sebaiknya anda segera mengunjungi dokter spesialis THT untuk konsultasi lebih lanjut. Yang saya kemukakan disini hanyalah dugaan, perlu dilakukan evaluasi lebih lanjut termasuk pemeriksaan fisis telinga langsung untuk memastikannya.

Demikian penjelasan yang dapat saya berikan. Semoga dapat membantu. (SO)

Terimakasih,

(Tim Redaksi Klikdokter)



 
Artikel Terkait
Artikel Terkait

JOIN MILIS

Masukkan e-mail untuk mendapatkan informasi terbaru dari klikdokter

Konsil Kedokteran Indonesia Departemen Kesehatan ILUNI FKGUI ILUNI FKUI Ikatan Dokter Indonesia Fiaksi Indonesia
Must Read close
Warna bibir kembali asli?
Glaukoma sudut terbuka