klikdokter.com
Selasa, 02 September 2014
<

Pegal, kesemutan, dingin

Ketika hamil anak pertama 4 th lalu saya mengalami bengkok di muka, kemudian sembuh tapi setelah itu sebelah badan kanan saya suka mengalami pegal, kesemutan dan dingin. Hal tersebut terjadi bila badan kecapean dan saya jadi cenderung masuk angin. Bisa mendingan bila sudah di kerok atau di pijat, yg ingin saya tanyakan : 1. Termasuk jenis penyakit apa gejala tersebut ? 2. Apa penyebabnya ? 3. Bagaimana pengobatannya ? 4. Apakah bisa sembuh total ? Terima kasih( perempuan, 29 thn,158 cm,48 Kg)



Ibu / saudari yang terhormat,

Terima kasih sudah menggunakan layanan ekonsultasi klikdokter. Spesifikasi gejala yang anda gambarkan tidak terlalu jelas, ijinkan saya mengonfimasi data kembali :

  • Keluhan yang anda katakan tersebut apakah memang hanya terjadi di sebelah kanan? Di seluruh tubuh bagian kanan atau hanya kaki tangan saja?
  • Apakah anda mengalami gangguan berjalan atau menggerakkan tangan kanan?
  • Apakah anda makan dan istirahat teratur?
  • Apakah konsumsi makanan anda bergizi seimbang (nasi, lauk-pauk, sayur, buah, susu)?

Keluhan yang anda gambarkan mungkin saja merupakan tanda dari kekurangan elektrolit dan mineral penting di dalam tubuh. Hal ini dapat ditunjang dari asupan makanan yang kurang atau tidak bergizi seimbang. Keluhan ini juga terutama terjadi pada kondisi lelah, dalam artian keluhan ini muncul ketika daya tahan tubuh anda sedang turun.

Saya sarankan agar anda memperbaiki asupan nutrisi anda agar seimbang, mengonsumsi suplemen vitamin, banyak minum air putih, olahraga teratur, dan tidur dengan waktu yang teratur setiap harinya. Perbaikan gaya hidup akan memperbaiki daya tahan tubuh anda sehingga akan mengurangi keluhan yang ada. Apabila keluhan masih berlanjut silakan berkonsultasi ke dokter spesialis penyakit dalam untuk evaluasi lebih lanjut. Sekian, semoga membantu. (TRH)

Terima kasih.

(Tim Redaksi Klikdokter)



 
Artikel Terkait
Artikel Terkait

JOIN MILIS

Masukkan e-mail untuk mendapatkan informasi terbaru dari klikdokter

Konsil Kedokteran Indonesia Departemen Kesehatan ILUNI FKGUI ILUNI FKUI Ikatan Dokter Indonesia Fiaksi Indonesia
Must Read close
Efek KB implan
Gigi depan goyang
Luka tidak sembuh-sembuh