klikdokter.com
Kamis, 02 Oktober 2014
<

Efek KB implan

Dok, saya pernah punya seorang anak, dan sekarang saya memakai kb implan,kb tersebut dipasang kira-kira 8bulan setelah melahirkan, dan selama itu saya tidak berhubungan badan. Setelah memakai kb ini, mens saya jadi tidak teratur, bahkan sering melebihi jangka waktu mens saya yang normal. Biasanya paling lama hanya 7-10 hari, tapi setelah memakai kb implan bisa sampai 2 bulan. Saya konsultasikanpada Bidan yang memasang kb saya,menurut beliau kemungkinan disebabkan oleh penyesuaian hormon. Saya pun dianjurkan minum primolut,dan mens saya berhenti,tapi setelah itu mens saya tetap tidak normal lagi. Jadi pertanyaan saya dok : 1. Apa benar ketidakaturn mens saya diakibatkan oleh hormon saya? 2. Apa yang harus saya lakukan agar mens saya normal lagi, mengingat ini sudah hampir 1 tahun ? 3. Apakah efektif meminum primolut untuk menormalkan kmebali mens saya, dok? Adakah efek sampingnya? Darah beku misalnya... Mohon pencerahannya,dok. Sebelumnya saya ucapkan terima kasih.( perempuan, 17 thn,155 cm,45 Kg)



Ibu / saudari yang terhormat, 

Implant adalah kontrasepsi hormonal yang memiliki bentuk kapsul plastik, tipis, fleksibel, yang mengandung 36mg levonorgestrel yang dimasukkan ke dalam kulit lengan wanita. Kapsul ini melepaskan progestin ke dalam aliran darah secara perlahan dan biasanya dipasang selama 5 tahun. Mencegah kehamilan dengan cara menghambat terjadinya ovulasi (pelepasan sel telur oleh indung telur), mempertebal lendir mukosa leher rahim, mengganggu pergerakan saluran tuba, dan menghalangi pertumbuhan lapisan endometrium. Kontrasepsi ini efektif dalam waktu 48 jam setelah diimplan dan efektif selama 5-7 tahun.

Saya akan mencoba menjawab pertanyaan yang ibu berikan :

 1. Apa benar ketidakteraturan mens saya diakibatkan oleh hormon saya?

Ketidakteraturan siklus menstruasi memang merupakan salah satu efek samping dari kontrasepsi implant. Hal ini umumnya terjadi pada bulan pertama pemakaian dan berlangsung selama 3-12 bulan. Setelah 1 tahun, sekitar 1/3 dari wanita yang menggunakan implant tidak mengalami siklus menstruasi sama sekali.

2. Apa yang harus saya lakukan agar mens saya normal lagi, mengingat ini sudah hampir 1 tahun ?

Sebaiknya ibu berkonsultasi dengan bidan yang melakukan pemasangan implant atau kepada dokter spesialis kebidanan mengenai masalah ini. Apabila lebih dari 12 bulan pemakaian dan masih terjadi efek samping yang tidak diinginkan maka disarankan untuk mengganti kontrasepsi.

3. Apakah efektif meminum primolut untuk menormalkan kembali mens saya, dok? Adakah efek sampingnya? Darah beku misalnya

Primolut adalah preparat hormonal yang memiliki zat aktif norethisteron. Noerethisterone adalah  progesteron yang dapat digunakan untuk terapi gangguan perdarahan  pada siklus menstruasi, ketidakteraturan siklus, sindroma menopause, dan endometriosis. Norethisteron memang efektif untuk mengatasi gangguan ketidakteraturan siklus menstruasi. Efek sampingnya adalah  mual, nyeri perut, gangguan penglihatan, reaksi alergi, peningkatan berat badan, payudara membesar, dan bercak perdarahan.

Sekian jawaban dari saya, semoga membantu. (TRH)

Terima kasih.

(Tim Redaksi Klikdokter)



 
Artikel Terkait
Artikel Terkait

JOIN MILIS

Masukkan e-mail untuk mendapatkan informasi terbaru dari klikdokter

Konsil Kedokteran Indonesia Departemen Kesehatan ILUNI FKGUI ILUNI FKUI Ikatan Dokter Indonesia Fiaksi Indonesia
Must Read close
Gigi depan goyang
Luka tidak sembuh-sembuh
Nyeri ulu hati menjalar ke kanan