klikdokter.com
Selasa, 02 September 2014
<

Mimisan pada anak

Siang dok...salam kenal? Saya mau menanyakan, saya punya adik yang akhir - akhir ni sering mimisan. Giamana cara penyembuhannya? Makasi..(Wanita, 24 thn, 158 cm, 47 kg)



Ibu / Saudari yang Terhormat,

Mimisan atau epistaksis adalah perdarahan hidung bagian dalam karena pecahnya pembuluh darah. Epistaksis terbagi 2 yaitu Epistaksis Anterior berasal dari bagian depan hidung dengan asal perdarahan dari pleksus kiesselbach (kumpulan pembuluh darah). Epistaksis Posterior umumnya berasal dari rongga hidung posterior dengan asal perdarahan dari cabang pembuluh darah arteri sfenopalatina.

Anak-anak biasanya mengalami epistaksis anterior. Umumnya epistaksis anak ini terjadi karena mukosa hidung yang rapuh (karena infeksi saluran napas atas, pengeringan mukosa, penggunaan steroid inhalasi melalui hidung) atau didahului dengan trauma minor yaitu anak mengorek hidung, menggaruk, bersin, batuk atau mengedan. Mungkin juga ada penyebab lain seperti polip hidung, kelainan darah, tumor, ataupun benda asing di hidung.

Mimisan seringkali terjadi spontan tanpa dapat ditelusuri sebabnya. Keluhan ini sering ditemukan apabila terlalu letih atau lama terkena sinar matahari, dan biasanya dapat berhenti sendiri. Hal ini terjadi karena masih rapuhnya pembuluh darah yang sering menjadi sumber perdarahan pada anak-anak

Penyembuhannya akan tergantung penyebabnya. Apabila mimisan hanya terjadi ketika terdapat faktor pencetus seperti panas matahari, kelelahan, ISPA, dll, maka cobalah untuk menghindari pencetus tersebut. Mimisan pada anak-anak umumnya tidak berbahaya.

Artikel selengkapnya dapat Anda baca dihttp://www.klikdokter.com/illness/detail/63.
Sekian, semoga membantu. (TRH)

Terima Kasih

(Tim Redaksi Klikdokter)



 
Artikel Terkait
Artikel Terkait

JOIN MILIS

Masukkan e-mail untuk mendapatkan informasi terbaru dari klikdokter

Konsil Kedokteran Indonesia Departemen Kesehatan ILUNI FKGUI ILUNI FKUI Ikatan Dokter Indonesia Fiaksi Indonesia
Must Read close
Belum hamil juga
Obat hipertensi (2)
Gigi bawah berlobang