klikdokter.com
Rabu, 23 April 2014
Login | Register

Ingin cepat dapat momongan

Saya telah 3 bulan menikah dan sangat ingin mempunyai momongan. bulan lalu saya divonis dokter terkena infeksi saluran kemih, tapi sudah sembuh berdasarkan hasil lab untuk bakteri di urin dinyatakan negatif. saya pernah konsultasi pada DSOG dan dinyatakan rahim normal dan diberi obat Profertil. yang saya tahu itu adalah obat kesuburan, tapi punya efek samping bisa menyebabkan kista. apakah itu benar?? saya biasa mendapat haid tanggal 5,dan apabila haid saya hanya mengalami nyeri pada hari pertama dan kedua saja dan tidak mengganggu aktivitas. apa saya punya kecenderungan punya kista/endometriosis???bagaimana cara agar saya cepat dapat momongan??( perempuan, 24 thn,168 cm,47 Kg)



Ibu / Saudari yang Terhormat,

Terimakasih telah mempercayakan masalah anda pada klikdokter. Saya mengerti kekhawatiran anda mengenai efek samping pengobatan yang sedang anda jalani.

Sebelum menjawab pertanyaan anda, saya ingin melakukan konfirmasi:

- "Bagaimana siklus haid anda selama ini?"

- "Apakah anda pernah merasakan keluhan seperti nyeri perut atau gangguan haid?"

- "Apa saja jenis pemeriksaan yang pernah anda jalani?"

- "Sudah berapa lama anda mengonsumsi obat tersebut?"

Seperti yang anda katakan, obat tersebut memang merupakan salah satu obat kesuburan. Obat ini biasa digunakan untuk wanita yang memiliki masalah ovulasi (pelepasan sel telur dari kandung telur). Bahkan seorang wanita yang tetap mendapat siklus haid dapat mengalami hal ini. Untuk itu diperlukan beberapa pemeriksaan hormon dan USG untuk memastikan hal ini.

Obat yang anda konsumsi saat ini mengandung clomiphene citrate yang akan menstimulasi pertumbuhan folikel menjadi sel telur di dalam kandung telur. Efek samping clomiphene citrate antara lain adalah:

- gangguan pencernaan

- ruam kulit

- pandangan kabur

- sakit kepala

- gangguan tidur

- pembesaran kandung telur dan pembentukan kista

- kehamilan multipel

Kista merupakan salah satu efek samping yang sering ditemukan, namun pembentukannya sangat bergantung pada dosis dan lama pemakaian. Oleh karena itu, sebelum terapi dimulai harus dipastikan terlebih dahulu bahwa tidak ada kista ataupun kondisi medis lain pada organ reproduksi anda. Bila terapi tidak efektif dalam 3-4 bulan, pengobatan akan diganti dengan terapi hormon FSH dan LH.

Salah satu gejala kista adalah nyeri haid hebat yang timbul selama haid. Pada kasus anda, nyeri haid yang anda alami masih dapat dikatakan normal, terlebih anda mengatakan bahwa nyeri ini tidak mengganggu aktivitas anda.

Saran saya sebaiknya untuk saat ini anda dan suami berkomitmen untuk melanjutkan program yang telah direncanakan oleh dokter spesialis kebidanan dan kandungan anda. Ketahui masa subur anda dan saat yang tepat untuk melakukan hubungan (setiap 2-3 hari sejak 3 hari sebelum hingga masa subur anda). Saya doakan semoga anda dan suami cepat mendapat momongan. Amin.

Demikian penjelasan saya. Semoga dapat membantu. (SO)

Terima Kasih,

(Tim Redaksi Klikdokter)



 



JOIN MILIS

Masukkan e-mail untuk mendapatkan informasi terbaru dari klikdokter