klikdokter.com
Sabtu, 19 April 2014
Login | Register

Keluar darah saat berhubungan

pagi dok, saya hendak berkonsultasi dengan semua kegalauan yang memenuhi benak saya. saya berhubungan intim dengan pasangan saya. saya belum menikah, dan dia sudah menikah. waktu melakukan hubungan intim itu dengannya, sebelumnya saya sudah tidak ML selama hampir 2 bulan lamanya. saat itu kami/dia melakukanya dengan "penuh semangat" , mungkin bahkan diluar batas kewajaran, dia juga beberapa kali memasukan jari tangannya ke vagina saya. dan bahkan sampai berdarah. dok, darah apakah itu?? robeknya selaput dara pun tidak mungkin krn saya sdh punya anak 1. setelah berhubungan itu pun , saya merasa vagina saya sakit perih ketika pipis! terus jdi ada semacam bintil gatal kecil di mulut vagna saya. dan baunya agak tidak sedap. waktu pipis pun seperti tidak tuntas. dok, kemungkinan terburuk apa yang mungkin terjadi pada saya berdasarkan gejala tadi? dok mohon dijelaskan saya sangat menunggu penjelassan dan solusi daro dokter. terimakasih. (Wanita, 27 thn, 163 cm, 41 thn)



Ibu / Saudari yang Terhormat,

Terimakasih telah mempercayakan masalah anda pada klikdokter. Saya mengerti kekhawatiran anda akan semua keluhan yang anda rasakan saat ini.

Keluarnya darah dari vagina saat berhubungan bisa memiliki berbagai makna, dan sering diartikan sebagai robeknya selaput dara. Namun mengingat anda sudah pernah melahirkan, darah tersebut bukanlah berasal dari selaput dara yang robek. Penyebab yang masih mungkin dipikirkan adalah apabila terbentuk luka pada dinding vagina atau mulut rahim anda akibat gesekan atau gerakan yang terlalu kuat. Luka ini pula yang kemudian menyebabkan timbulnya keluhan nyeri atau perih pada vagina ketika buang air kecil. Selain itu, anda juga mengeluh buang air kecil tidak tuntas. Keadaan-keadaan ini juga bisa timbul sebagai gejala infeksi saluran kemih. Sumber infeksinya bisa berasal dari kuman vagina (mengingat
letak keduanya yang berdekatan) atau alat yang dipakai saat berhubungan (termasuk jari tangan pasangan anda).

Kemudian anda menjelaskan bahwa timbul semacam bintil gatal kecil di mulut vagina anda dengan bau yang agak tidak sedap. Sebelum menjelaskan lebih lanjut, saya ingin melakukan konfirmasi:

  • Apakah bintil tampak seperti jerawat, kutil, jengger ayam, atau gelembung kecil yang berkelompok?
  • Apakah bintil tersebut mengeluarkan nanah?
  • Apakah terasa nyeri?
  • Apakah disertai gejala keputihan? Jika iya, bagaimana warna, bau, dan konsistensinya?
  • Apakah disertai keluhan lemas, demam, dsb ?
  • Apakah pasangan anda pernah mengeluhkan hal yang sama ?

Idealnya perlu dilakukan evaluasi lebih lanjut disertai pemeriksaan fisis langsung untuk mengetahui dengan jelas gambaran bintil yang anda maksud. Masih terlalu cepat untuk mengatakan diagnosis penyakit anda berdasarkan informasi yang masih terbatas. Namun bila ditanya mengenai berbagai kemungkinannya (bahkan yang terburuk sekalipun), keluhan ini bisa saja merupakan keluhan infeksi menular seksual, termasuk di dalamnya adalah virus herpes simpleks (HSV) dan virus human papiloma (HPV).

Saran saya sebaiknya anda segera memeriksakan diri ke dokter spesialis kulit dan kelamin untuk konsultasi lebih lanjut. Dan mengingat anda cukup aktif secara seksual, pemeriksaan papsmear secara berkala penting dilakukan.
Demikian penjelasan saya. Semoga dapat membantu. (SO)

Terima Kasih

(Tim Redaksi Klikdokter)



 



Live Chat

JOIN MILIS

Masukkan e-mail untuk mendapatkan informasi terbaru dari klikdokter