klikdokter.com
Minggu, 20 April 2014
Login | Register

Glaukoma

Saya mau tanya dok:
1. Apakah mata Glaukoma dapat disembuhkan, tetapi sudah terlanjur rusak saraf mata nya dan tidak bisa melihat lagi???
2. Apakah mata yang menderita Glaukoma dapat mempengaruhi mata sebelahnya (mata yang sebelah kanan sudah tidak bisa melihat)??
3. Pertama - tama saya menggunakan tetes mata Cendo Carpine (4 x 1 tetes /hari) dan Timol (2 x 1 tetes / hari), sekarang diganti dengan Travatan (1x1 tetes / hari) dan Timol (2 x 1 tetes / hari). Apakah dengan penggunaan tetes mata secara kontiniu akan ada efek sampingnya? dan kenapa pada saat menggunakan Travatan di mata yang sudah rusak, mata menjadi perih?
4. Bisakah Glaukoma disembuhkan dengan cara Operasi? terima kasih. (Pria, 27 thn, 165 cm, 80 kg)



Bapak / Saudara yang Terhormat,

Glaukoma adalah salah satu penyakit mata yang diakibatkan karena kenaikan tekanan bola mata dan menimbulkan kerusakan saraf penglihatan. Serabut saraf ini berfungsi membawa informasi dari lapisan retina yang sensitif terhadap sinar, menuju otak agar dapat diterima sebagai gambar yang dapat kita lihat.

Mata anda membutuhkan sejumlah tekanan tertentu agar dapat berfungsi baik. Pada beberapa orang, tekanan bola mata ini dapat meninggi sehingga akan menyebabkan kerusakan saraf optik. Dapat pula terjadi bahwa tekanan bola mata masih normal akan tetapi tetap terjadi kerusakan syaraf optik yang disebakan karena saraf optiknya sendiri yang sudah lemah.

Glaukoma terdiri atas glaukoma primer (sudut tertutup, sudut terbuka), dan glaukoma sekunder yang terjadi karena penyakit lain. Penyakit lain tersebut harus ditangani apabila glaukoma yang terjadi adalah glaukoma sekunder.

Saya akan mencoba menjawab pertanyaan Anda :

  1. Apakah mata Glaukoma dengan saraf mata yang rusak dapat disembuhkan?

Pada Glaukoma, kerusakan yang sudah terjadi tidak dapat diperbaiki lagi. Tidak akan ada jaminan bahwa penglihatan akan pulih kembali, karena yang terkena adalah bagian saraf, sedangkan saraf kalau sudah mati tidak akan diganti (tumbuh lagi). Disini sifatnya hanya mempertahankan saraf yang masih hidup agar tidak cepat mati akibat tekanan dalam bolamata yang terlalu tinggi

  1. Apakah mata yang menderita Glaukoma dapat mempengaruhi mata sebelahnya?

Glaukoma adalah penyakit yang diturunkan. Tentu saja pemeriksaan harus dilakukan di kedua mata. Apabila hanya 1 mata saja yang terkena glaukoma, bukan berarti mata yang lain tidak perlu diperiksa. Tidak akan ada efek samping dari glaukoma pada mata yang lainnya, namun tidak menutup kemungkinan mata satunya dapat terkena glaukoma juga.

  1. Pertama - tama saya menggunakan tetes mata Cendo Carpine (4 x 1 tetes /hari) dan Timol (2 x 1 tetes / hari), sekarang diganti dengan Travatan (1x1 tetes / hari) dan Timol (2 x 1 tetes / hari). Apakah dengan penggunaan tetes mata secara kontiniu akan ada efek sampingnya? dan kenapa pada saat menggunakan Travatan di mata yang sudah rusak, mata menjadi perih?
Tujuan penanganan adalah untuk menurunkan tekanan bola mata dan mencegah kerusakan saraf penglihatan. Penanganan tergantung jenis Glaukoma, mungkin dengan obat tetes, operasi, atau laser. Obat tetes yang digunakan secara teratur membantu menurunkan tekanan pada bola mata. Tidak akan ada masalah bila obat tetes tersebut dipakai dalam jangka waktu lama. Travatan merupakan salah satu preparat antiglaukoma yang berfungsi menurunkan tekanan bola mata. Efek samping dari pemakaian preparat ini adalah nyeri pada mata, sensasi benda asing di mata, hiperemis, dll. Kemungkinan Anda mengalami salah satu dari efek samping obat tersebut.
  1. Bisakah Glaukoma disembuhkan dengan cara Operasi?

Tergantung jenis glaukoma yang Anda miliki. Apabila pengobatan konvensional  tidak berhasil maka dapat beralih ke pengobatan dengan sinar laser atau operasi (pembuatan saluran pembuangan cairan mata atau mematikan produsen cairan mata). Tidakan operasi antara lain irideksotmi perifer, iridotomi, operasi filtrasi, trabekulektomi, dan trabekuloplasti . Semoga membantu. (TRH)

Terima Kasih

(Tim Redaksi Klikdokter)



 



Live Chat

JOIN MILIS

Masukkan e-mail untuk mendapatkan informasi terbaru dari klikdokter