klikdokter.com
Selasa, 02 September 2014
<

Pembersihan karang gigi

Sakit pada gigi Rahang Atas Premolar 2 Dok, bolehkah pembersihan karang gigi dilakukan pada saat ada gigi yg berlubang? Gigi saya termasuk gigi yg rapuh. Beberapa tahun yg lalu, gigi rahang atas kiri Premolar 2 saya rapuh sebagian sehingga akhirnya dicabut oleh dokter gigi dgn penyuntikan obat bius terlebih dahulu pada gusi saya. Dan skr gigi rahang atas kanan Premolar 2 saya juga rapuh sebagian hingga terlihat lubang menganga sehingga rasanya tak mungkin utk ditambal. Meski lubang tsb hanya meninggalkan akar gigi pada salah satu sisi gigi tsb, saya sama sekali tidak pernah merasa sakit pada gigi saya itu. Dan saya sudah coba utk membuat gigi itu goyang agar tercabut alami, tapi betapa susahnya... Dok, apakah pencabutan paksa meski dilakukan oleh seorang dokter gigi dapat menyebabkan saraf" tertarik dan terparah menyebabkan kematian ? Dok help me... What should I do ?!? Saya malu ke dokter gigi...( perempuan, 25 thn,168 cm,45 Kg)



Ibu / Saudari yang Terhormat,

Pertama-tama, jangan ada perasaan malu ke dokter gigi yah. Menjawab pertanyaan Anda, pembersihan karang gigi tetap dapat dilakukan meski ada karies/lubang pada salah satu atau beberapa gigi. Sisa akar gigi itu tidak menimbulkan keluhan atau rasa sakit karena syaraf gigi itu sudah mati. Meski gigi berlubang parah dan yang tersisa hanya tinggal akar gigi, pencabutan tetap dapat dilakukan oleh dokter gigi. Tentunya dengan keahlian dan kesabaran dari dokter gigi, dan dengan menggunakan alat-alat tertentu akar gigi tidak sulit untuk dikeluarkan.

Asal tidak ada komplikasi (misal bentuk akar yg abnormal atau adanya kista di ujung akar), pencabutan dapat dilakukan secara biasa. Tidak ada istilah pencabutan paksa atau syaraf yang tertarik.Tapi kalau dibiarkan tidak dicabut, infeksi masih dapat terjadi lewat lubang yang menganga itu. Malah infeksi yang terjadi karena gigi karies atau akar gigi yang dibiarkan tersebut lebih besar resikonya untuk membahayakan tubuh karena bakteri penyebab karies dapat menginfeksi organ tubuh lain.

Gigi tersebut jangan diutak-atik sendiri dengan tangan, malah beresiko terkena infeksi, kan tangan belum tentu bersih. Yang harus Anda lakukan adalah segera kunjungi dokter gigi Anda. Semoga lekas sembuh.

Terima Kasih

(Drg. Martha Mozartha)



 
Artikel Terkait
Artikel Terkait

JOIN MILIS

Masukkan e-mail untuk mendapatkan informasi terbaru dari klikdokter

Konsil Kedokteran Indonesia Departemen Kesehatan ILUNI FKGUI ILUNI FKUI Ikatan Dokter Indonesia Fiaksi Indonesia
Must Read close
Endometriosis
Kanker Payudara
Keputihan dan daun sirih